Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*****KENIKMATAN PENGHUNI SURGA ATAS KESENANGAN DUNIA MENURUT AL-QUR'AN DAN HADITS*****

Written By Ummu Marwah on Senin, 09 April 2012 | 06.40

Oleh Ummu Marwah 16 Februari2011












بِسْـــــــــــــــــــــ ـمِ اﷲِارَّتْمَنِ ارَّتِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

PERHATIAN : FOTO FOTO DI BAWAH INI ADALAH SEKEDAR ILUSTRASI DI DUNIA NYATA, BUKAN GAMBARAN SEBENARNYA TENTANG KEHIDUPAN AKHRAT .





●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

             KENIKMATAN PENGHUNI SURGA
                 ATAS KESENANGAN DUNIA

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●





*****KENIKMATAN PENGHUNI SURGA ATAS KESENANGAN DUNIA ***** **

Keunggulan Kenikmatan Surga Atas Kesenangan Dunia.**

Kesenangan dunia memang nyata dan bisa kita saksikan. Sedang kenikmatan penghuni surga bersifat ghaib yang dijanjikan. Sementara manusia lebih terpengaruh oleh hal-hal yang mereka lihat dan saksikan. Hati mereka berat untuk meninggalkan apa yang ada dihadapan mereka untuk meraih sesuatu yang akan diraih di masa datang.

Maka,bagaimana pula bila yang dijanjikan itu akan memperoleh setelah kematian nanti ? Oleh karena itu, ALLAH membandingkan antara kesenangan dunia dengan kenikmatan Surga.  ALLAH menjelaskan bahwa kenikmatan surga jauh lebih baik dan lebih utama dari pada kenikmatan dunia. Dan ALLAH menyebutkan dengan panjang lebar celaan terhadap dunia dan menerangkan keutamaan akhirat. Semua itu hanyalah agar manusia sebagai hamba, bersungguh-sungguh dalam mencari kebahagiaan akhirat dan meraih kenikmatan surga. Anda akan mendapatkan celaan terhadap dunia, pujian kepada kenikmatan akhirat dan keunggulan yang ada disisi ALLAH atas kesenangan dunia yang kontan sekarang pada banyak ayat, seperti firman ALLAH berikut ini :

”AKAN TETAPI ORANG-ORANG YANG BERTAKWA KEPADA TUHANNYA, BAGI MEREKA SURGA-SURGA YANG MENGALIR SUNGAI-SUNGAI DI DALAMNYA,SEDANG MEREKA KEKAL DI DALAMNYA SEBAGAI TEMPAT TINGGAL [ANUGERAH] DARI SISI ALLAH.DAN APA YANG DI SISI ALLAH ADALAH LEBIH BAIK BAGI ORANG-ORANG YANG BERBAKTI.”  

[QS.ALI-IMRAN:198 ]







ALLAH juga berfirman:

”DAN JANGANLAH KAMU TUNJUKKAN KEDUA MATAMU KEPADA APA YANG TELAH KAMI BERIKAN KEPADA GOLONGAN-GOLONGAN DARI MEREKA, SEBAGAI BUNGA KEHIDUPAN DUNIA UNTUK KAMI COBAI MEREKA DENGANNYA.DAN KARUNIA TUHAN KAMU ADALAH LEBIH BAIK DAN LEBIH KEKAL.” 

[QS.THAAHA: 131 ]

Dalam ayat lain,ALLAH menyatakan:

”DIJADIKAN INDAH PADA [PANDANGAN]MANUSIA KECINTAAN KEPADA APA-APA YANG DI INGINI,YAITU : WANITA-WANITA,ANAK-ANAK,HARTA YANG BANYAK DARI JENIS EMAS,PERAK,KUDA PILIHAN,BINATANG-BINATANG TERNAK DAN SAWAH LADANG.ITULAH KESENAGAN HIDUP DI DUNIA;DAN DI SISI ALLAH TEMPAT KEMBALI YANG BAIK [SURGA].

KATAKANLAH:”INGINKAH AKU KABARKAN KEPADAMU APA YANG LEBIH BAIK DARI YANG DEMIKIAN ITU ?”,,,UNTUK ORANG-ORANG YANG BERTAKWA ADA SURGA YANG MENGALIR DI BAWAHNYA SUNGAI-SUNGAI,MEREKA KEKAL DI DALAMNYA. DAN [MEREKA DIKARUNIAI] ISTRI-ISTRI YANG DISUCIKAN SERTA KERIDHAAN ALLAH.DAN ALLAH MAHA MELIHAT AKAN HAMBA-HAMBA-NYA.”

[QS. ALI-IMRAN : 14-15 ]






Kalau kita ingin mencari rahasia keunggulan kenikmatan akhirat atas kesengan dunia maka kita akan mendapatkannya dari beberapa sisi,sebagai berikut:



**PERTAMA**
Kesenangan dunia hanyalah sedikit sebagaimana firman-Nya:

”KATAKANLAH:”KESENAGAN DUNIA INI HANYA SEBENTAR DAN AKHIRAT ITU LEBIH BAIK UNTUK ORANG-ORANG YANG BERTAKWA.” 

[QS. AN-NISAA : 77 ]



Rasulullah menggambarkan kepada kita tentang sedikitnya kesenangan dunia dibandingkan kenikmatan akhirat dengan sebuah perumpamaan. Beliau bersabda:

”DEMI ALLAH,TIDAKLAH DUNIA ITU DI BANDING AKHIRAT MELAINKAN HANYALAH SEPERTI AIR YANG MENEMPEL DI JARI SESEORANG SETELAH DI MASUKKAN KE LAUTAN. KEMUDIAN RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM BERISYARAT DENGAN JARI TELUNJUK. PERHATIKANLAH, SEBERAPA BANYAK AIR YANG BERBEKAS DI JARI TERSEBUT.”   
[HR.MUSLIM ]


Air yang menempel pada jari telunjuk ketika dicelupkan ke dalam lautan lepas hanyalah satu tetesan kecil. Dan itulah perbandingan “DUNIA dan AKHIRAT.”  Ketika kesenangan dunia itu hanya sedikit, maka sesungguhnya ALLAH telah mencela orang-orang yang  mementingkan kesenangan dunia dan melupakan kenikmatan akhirat…
ALLAH berfirman:

”HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN,APAKAH SEBABNYA APABILA DIKATAKN KEPADA KAMU: BERAGKATLAH [UNTUK BERPERANG],PADA JALAN ALLAH” KAMU MERASA BERAT DAN INGIN TINGGAL DI TEMPATMU ? ,,APAKAH KAMU PUAS DENGAN KEHIDUPAN DUNIA SEBAGAI GANTI KEHIDUPAN AKHIRAT?,,PADAHAL KENIKMATAN HIDUP DI DUNIA INI [DIBANDINGKAN DENGAN KEHIDUPAN] DI AKHIRAT HANYALAH SEDIKIT.” 

[QS. AT-TAUBAH: 38 ]


Kami akan menyebutkan dalam  kisah-kisah selanjutnya beberapa nash yang menunjukkan banyaknya kenikmatan akhirat yang tidak akan terputus untuk selamanya.


**KEDUA**

Kenikmatan akhirat lebih utama dari sisi jenisnya. Pakaian,makanan dan minuman serta perhiasan dan gedung-gedung bagi penghuni surga,jauh lebih baik ketimbang dunia dan seisinya. Dalam Shahih Buhkari dan Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah,ia berkata Rasulullah bersabda:

”SEBESAR TEMPAT PECUT DI SURGA (NILAINYA) LEBIH BAIK DARI PADA DUNIA DAN SEISINYA.”    

[HR. BUKHARI dan  MUSLIM]





Di dalam hadits lain yang diriwayatkan oelh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah juga, ia berkata Rasulullah bersabda:

”SUNGGUH SEBESAR LENGKUNGAN BUSUR MILIK SALAH SEORANG KAMU DI SURGA, ITU LEBIH BAIK KETIMBANG SEMUA YANG TERSINARI MATAHARI.”     

[HR. BUKHARI dan MUSLIM ] .


Dan beliau membandingkan wanita surga dengan wanita dunia agar diketahui keunggulan apa yang ada di surga atas apa yang ada di dunia. Dalam hadits Shahih Buhari dari Anas, ia berkata Rasulullah bersabda :

”ANDAIKATA SEORANG WANITA PENGHUNI SURGA TAMPAK KE BUMI,MAKA AKAN MENERANGI ANTARA TIMUR DAN BARAT SERTA MEMENUHINYA DENGAN BAU HARUM. DAN (NILAI) KERUDUNG DI KEPALANYA LEBIH BAIK KETIMBANG DUNIA DAN SEISINYA.”

[HR. BUKHARI ]






**KETIGA**

Surga bersih dari sifat-sifat buruk dan kotoran keduniaan. Makanan dan minuman yang ada di dunia mengharuskan terjadinya buang kotoran dari dalam perut yang menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila seseorang meminum khamer di dunia maka ia akan kehilangan akalnya. Wanita-wanita di dunia terkena kebiasaan haid dan melahirkan. Keluar haid merupakan gangguan, sementara surga terbebas dari semua itu. Maka para penghuniya tidak akan mengalami (ingin) buang air kecil atau buang air besar, mereka tidak meludah ataupun buang ingus.

Khamer di surga adalah sebagaimana yang digambarkan oleh YANG MAHA PENCIPTA:

”[warnanya]putih bersih,sedap rasanya bagi orang yang meminum.Tidak ada dalam khamer itu ALKOHOL dan mereka tidak mabuk karenanya.”   

[QS.ASH-SHAAFFAT:46-47 ]




Air di surga tidak akan  terkena pencemaran dan susu disana tidak akan pernah berubah rasanya. ALLAH berfirman:

”SUNGAI-SUNGAI DARI AIR YANG TIDAK BERUBAH RASA DAN BAUNYA DAN SUNGAI-SUNGAI DARI AIR SUSU YANG TIDAK BERUBAH RASANYA.”  

[QS. MUHAMMAD: 15 ]





Dan para wanita disurga akan selalu suci,tidak terkena haid,nifas dan lain sebagainya yang menjadi kotoran wanita di dunia. ALLAH menyatakan hal ini dalam AL-QUR’AN:

“UNTUK MEREKA DI DALAMNYA ADA ISTRI-ISTRI YANG SUCI.” 

[QS. AL-BAQARAH: 25 ]





Hati penghuni surga suci bersih, perkataan mereka indah dan menyenangkan sedang perbuatan-perbuatan mereka selalu baik. Maka,di surga anda tidak akan mendengar kata-kata buruk yang mengaggu perasaan,mengotori keadaan dan membangkitkan amarah. Surga bebas dari perkataan dan perbuatan batil dan sia-sia. ALLAH berfirman:

”TIDAK [MENIMBULKAN] KATA-KATA YANG TIDAK BERFAEDAH DAN TIDAK PULA PERBUATAN DOSA.”

[QS. AT-THUUR: 23 ]


Telinga penghuni surga hanya akan mendengar kata-kata baik dan jujur yang bersih dari aib perkataan penghuni dunia. ALLAH berfirman:


” DI DALAMNYA MEREKA TIDAK MENDENGAR PERKATAAN YANG SIA-SIA DAN TIDAK [PULA PERBUATAN] DUSTA”.

[QS. AN-NABA : 35 ]



Dan ALLAH berfirman:

”MEREKA TIDAK MENDENGAR PERKATAAN YANG TIDAK BERGUNA DI DALAM SURGA,KECUALI UCAPAN SALAM.”    

[QS. MARYAM : 62 ]


Dalam firman-Nya yang lain:

”TIDAK KAMU DENGAR DI DALAMNYA PERKATAAN YANG TIDAK BERGUNA.”  

[QS. AL-GHAASYIYAH : 11 ]


Sungguh surga itu adalah tempat suci,bersih,jernih,dan sunyi dari kontaminasi dan pencemaran. Surga adalah tempat damai dan sejahtera. ALLAH berfirman:

”MEREKA TIDAK MENDENGAR DI DALAMNYA PERKATAAN YANG SIA-SIA DAN TIDAK PULA PERKATAAN YANG MENIMBUL DOSA. AKAN TETAPI MEREKA MENDENGAR UCAPAN SALAM.” 

[QS. AL-WAQIAH: 25-26 ]


Oleh karena itu, maka para penghuni surga (yang  sebelumnya masuk neraka) apabila mereka selesai dari neraka, mereka di tahan di jembatan antara surga dan neraka untuk dibersihkan dan disucikan (dari segala tanggungan) dengan saling mengambil hak di antara mereka. Kemudian mereka masuk  surga dalam keadaan hati yang bersih, sehingga perasaan benci, dengki dan lain sebagainya dari hal-hal yang biasa ada waktu di dunia, hilang dari jiwa mereka.

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim dalam menerangkan penghuni surga ketika masuk surga, Rasulullah bersabda:

”TIDAK ADA PERTENTANGAN DI ANTARA MEREKA DAN TIDAK ADA PULA SALING BENCI.HATI MEREKA BAGAIKAN HATI SATU ORANG,MEREKA BERTASBIH MENSUCIKAN ALLAH DI WAKTU PAGI DAN SORE HARI.”    

[HR. BUKHARI dan Muslim]




ALLAH berfirman:

”DAN KAMI LENYAPKAN RASA DENDAM YANG BERADA DALAM HATI MEREKA,SEDANG MEREKA MERASA BERSAUDARA DUDUK BERHADAP-HADAPAN DI ATAS DIPAN-DIPAN.”    

[QS. AL-HIJR : 47 ]


Telah di nukil dari Ibnu Abbas dari Ali bin Abi Thalib,bahwa penghuni surga ketika memasuki surga,mereka minum dari sebuah air mata yang kemudian ALLAH hilangkan segala kedengkian dari hati mereka. Dan mereka minum lagi dari air mata yang lain yang dengan demikian,tubuh mereka menjadi bersinar dan wajah mereka menjadi cerah. Hal ini bisa jadi diambil pengertian dari firman ALLAH :

” DAN TUHAN MEMBERIKAN KEPADA MEREKA MINUMAN YANG BERSIH. “   

[QS. AL-INSAAN : 21 ]


**EMPAT**

Kenikmatan dunia akan hilang,sementara kenikmatan akhirat akan kekal abadi. Oleh karena itu, ALLAH Tabaaraka wa Ta’ala menyebut segala keindahan bagi manusia sebagai kesenangan,karena semua itu di buat alat bersenang-senang kemudian hilang. Adapun kenikmatan akhirat akan kekal dan tidak akan habis. ALLAH berfirman:

” APA YANG DI SISIMU AKAN LENYAP,DAN APA YANG ADA DI SISI ALLAH ADALAH KEKAL.”    

[QS. AN-NAHL : 96 ]


Demikian pula dengan firman-Nya:

”SESUNGGGUHNYA INI ADALAH BENAR-BENAR REZEKI DARI KAMI YANG TIADA HABIS-HABISNYA. “    

[QS.SHAAD : 54 ]

Juga firman-Nya :

”BUAHNYA TAK HENTI-HENTI,SEDANG NAUNGANNYA [DEMIKIAN PULA] .”    

[QS. Ar-Ra’ad : 35 ]




Dan ALLAH telah membuat perumpamaan untuk menggambarkan (kenikmatan) dunia yang cepat hilang dan habis. Sebagaimana firman-Nya:

”DAN BERILAH PERUMPAMAAN KEPADA MEREKA [MANUSIA],KEHIDUPAN  DUNIA ADALAH SEBAGAI AIR HUJAN YANG KAMI TURUNKAN DARI LANGIT,MAKA MENJADI SUBUR KARENANYA TUMBUHAN-TUMBUHAN ITU MENJADI KERING YANG BERTERBANGAN OLEH ANGIN. DAN ADALAH ALLAH MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU.HARTA DAN ANAK-ANAK ADALAH PERHIASAAN KEHIDUPAN DUNIA TETAPI AMALAN-AMALAN YANG KEKAL LAGI SALEH ADALAH LEBIH BAIK PAHALANNYA DI SISI TUHANMU SERTA LEBIH BAIK UNTUK MENJADI HARAPAN.”

[QS.AL-KAHFI : 45-46 ]

Dalam ayat di atas,ALLAH memberikan perumpamaan tentang dunia yang cepat hilang dan binasa dengan perumpamaan air yang turun dari langit kemudian bercampur dengan tanaman bumi yang menjadi tumbuh, kehijauan, berkembang dan berbuah karena ir tersebut.Itu semua terjadi hanya dalam waktu yang cepat kemudian menghilang keindahannya: dimana kemudian mengering dan menguning lalu ditiup angn dari semua arah.

Demikian pula keindahan dunia,seperti masa muda, kekayaan, anak cucu, sawah, ladang dan seterusnya. Kesemuanya akan menghilang dan selesai, kemudaan dan menua lalu selesai, kesehatan dan kesejahteraan berganti menjadi kepayahan dan penyakit. Harta dan anak-anak akan juga bisa jadi pergi dan hilang.

Dan seseorang terkadang bisa jadi dicabut dari keluarga dan hartanya. Adapun akhirat tidak akan pergi menghilang, lenyap dan tidak binasa. ALLAH berfirman:

"DAN SESUNGGUHNYA KAMPUNG AKHIRAT ADALAH LEBIH BAIK DAN ITULAH SEBAIK-BAIK TEMPAT BAGI ORANG YANG BERTAKWA,[YAITU] SURGA "ADN" YANG MEREKA MASUK KEDALAMNYA,MENGALIR DI BAWAHNYA SUNGAI-SUNGAI."  

[QS. AN-NAHL: 30-31 ]



**KELIMA**

Berusaha untuk mendapatkan kesenagan dunia dengan melupakan akhirat akan berakibat penyesalan dan mengakibatkan masuk ke dalam neraka. ALLAH berfirman:

" TIAP-TIAP YANG BERNYAWA AKAN MERASAKAN MATI. DAN SESUNGGUHNYA PADA HARI KIAMAT SAJALAH DI SEMPURNAKAN PAHALAMU.BARANGSIAPA DIJAUHKAN DARI NERAKA DAN DI MASUKKAN KE DALAM SURGA,MAKA SUNGGUH IA TELAH BERUNTUNG.KEHIDUPAN DUNIA ITU TIDAK LAIN HANYALAH KESENAGAN YANG MEMPERDAYAKAN." 

[QS. ALI-IMRAN :185 ] 


●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

    PEPOHONAN DAN BUAH-BUAH DI SURGA

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

A.) Pepohonan dan buah-buahan Surga kekal, melimpah dan bermacam-macam. Pepohonan surga sangat banyak, bagus dan bermacam-macam. ALLAH telah memberitakan kepada kita bahwa di surga ada pohon anggur, pohon kurma dan pohon delima: Sebagaimana disana ada pohon bidara dan pisang. ALLAH ta'ala berfirman:

"SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YANG BERTAKWA MENDAPAT KEMENANGAN,[YAITU]KEBUN-KEBUN DAN BUAH ANGGUR." 

[QS. AN-NABA : 31-32 ]





Dan dalam firman-Nya yang lain :

" DI DALAM KEDUANYA ADA [MACAMA-MACAM] BUAH-BUAHAN DAN KURMA SERTA DELIMA." 

[QS. AR-RAHMAN : 68 ]





Demikian juga firman-Nya yang lain:

"DAN GOLONGAN KANAN,ALANGKAH BAHAGIANYA GOLONGAN KANAN ITU.BERADA DI ANTARA POHON BIDARA YANG TIDAK BERDURI,DAN POHON PISANG YANG BERSUSUN-SUSUN [BUAHNYA],DAN NAUNGAN YANG TERBENTANG LUAS,DAN AIR YANG TERCURAH,DAN BUAH-BUAHAN YANG BANYAK." 

[QS. AL-WAAQI'AH : 27-32]





As Sidr merupakan pohon yang berduri.Akan tetapi,disurga pohon bidara itu tidak berduri. Dan At Thalh satu macam pohon di Hijaz yang besar dan ada duri. Akan tetapi disurga tidak ada durinya dan disediakan untuk mudah  di ambil tanpa kesulitan. Dan pohon-pohon yang disebutkan dalam AL-QUR'AN hanyalah sebagian kecil saja dari segala macam pepohonan yang tersedia di surga. Oleh karenannya,ALLAH berfirman:

" DI DALAM KEDUA SURGA ITU TERDAPAT SEGALA MACAM BUAH-BUAHAN YANG BERPASANG-PASANG." 

[QS. AR-RAHMAN : 52 ]



Demikian banyak macam buah di surga. Oleh karenanya,penghuni surga (dipersilahkan) meminta buah-buahan yang dikehendaki dan memilih yang disenangi. ALLAH berfirman:

"SAMBIL MEMINTA BUAH-BUAHAN YANG BANYAK DAN MINUMAN DI SURGA ITU."  

[QS. SHAAD :51 ]





Dan dalam firman-Nya yang lain:

"DAN BUAH-BUAHAN DARI APA YANG MEREKA PILIH."  

[QS. AL-WAAQI'AH : 20 ]

Demikian juga firman-Nya:

"SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YANG BERTAKWA BERADA [DISEKITAR] MATA -MATA AIR,DAN [MENDAPAT] BUAH-BUAHAN DARI [MACAM-MACAM] YANG MEREKA INGINI." 

[QS. AL-MURSALAAT: 41-42 ]


Singkat kata,bahwa di surga tersedia segala buah-buahan dan kenikmatan yang disenangi oleh selera nafsu dan sedap di pandang mata. ALLAH berfirman:

"DI EDARKAN KEPADA MEREKA PIRING-PIRING DARI EMAS,DAN PIALA-PIALA. DAN DI DALAM SURGA ITU TERDAPAT SEGALA APA YANG DIINGINI OLEH HATI DAN SEDAP [DI PANDANG] MATA." 

[QS. Az-Zukhruf : 71 ]
  





Ibnu Katsir mengungkapkan suatu perkataan lembut yang mengilustrasikan keagungan buah-buahan di surga: Di mana beliau menyimpulkan, bahwa ALLAH hanya menyebutkan  sedikit untuk hal yang sangat banyak dan yang kecil untuk yang hal yang besar ketika ALLAH menyebutkan buah bidara dan pisang. Beliau berkata:

” Apabila bidara didunia tidak berbuah kecuali dengan bentuk yang kecil dan banyak duri, dan pohon pisang di maksudkan di dunia hanya untuk berteduh, maka di surga kedua pohon itu sangat banyak buahnya. Sehingga satu dari buahnya bisa dirasakan tujuh puluh macam rasa dan warna yang saling serupa satu sama yang lain. Maka, apa dugaanmu dengan buah-buah pohon yang besar, yang di dunia saja bagus-bagus buahnya. Seperti Apel, Kurma, Anggur, dan lain sebagainya.
Dan bangaimana pula menurut kamu dengan macam-macam bunga yang harum ?....Pada pokoknya ,di surga tersedia segala apa yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terlintas di dalam hati seorang pun. Kita memohon kepada ALLAH agar mendapat karunia-Nya di surga.”  

[Dalam kitab: An-Nihayah,Ibnu Katsir, 2/262 dan dalam Kitab AQIDAH ISLAM serial “SURGA dan NERAKA.”Dr.Umar Sulaiman al-Asyqar]

Bersambung…..

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
♥ღϠ₡ღ♥ Semogah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa,....wabillahi taufik wal hidayah,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥

1 komentar:

Ali Rad mengatakan...

Excellent Post, thanks for sharing.
ashpazkhoone
film

Posting Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami