Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***KENIKMATAN PENGHUNI SURGA ATAS KESENANGAN DUNIA MENURUT AL-QUR'AN DAN HADITS ***

Written By Ummu Marwah on Sabtu, 07 April 2012 | 09.21

 بِسْـــــــــــــــــــــ ـمِ اﷲِارَّتْمَنِ ارَّتِيم
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

                   SURGA TIADA TANDINGAN

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●





Kenikmatan surga di luar bayangan, Daya khayal tidak akan mampu membayangkannya. Sepengetahuan penduduk dunia, kenikmatan surga tidak dapat dibandingkan. Meskipun semakin meningkatnya kenikmatan dan kesenangan manusia di dunia, akan tetapi apa yang dicapainya itu masih tidak ada apa-apanya dibandingkan kenikmatan akhirat.
Surga sebagaimana dalam keterangan beberapa riwayat tidak ada bandingannya.









IA ADALAH CAHAYA YANG GEMERLAPAN, BAU YANG SEMERBAK  YANG BERTEBARAN DI SANA SINI , DAN GEDUNG-GEDUNG YANG KOKOH, SUNGAI-SUNGAI YANG MENGALIR, BUAH-BUHAN YANG MATANG, PARA ISTRI YANG CANTIK JELITA, DAN PAKAIAN YANG BERWARNA-WARNI DALAM KEDUDUKAN YANG KEKAL ABADI. JUGA DALAM KESENANGAN DAN KEBAHAGIAAN DIMANA TERDAPAT GEDUNG-GEDUNG YANG TINGGI ,INDAH DAN MEGAH.

[Teks Hadits ini tercantum dalam Sunan Ibnu Majah,bab:Az Zuhd,Pasal:Gambaran Surga,2/1448, no.4332. Ibnu Majah tidak menisbatkan hadits ini kepada Rasulullah karena dalam sanadnya ada pertentangan meskipun Ibnu Hibban mencantumkannya dalam Shahihnya.Adapun artinya sangat baik karena didukung oleh nash-nash AL-QUR’AN dan Hadits.]










Beberapa sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah tentang bangunan surga. Maka Rasulullah memberikan gambaran yang menakjubkan.Beliau bersabda :

”BATU BATA DARI EMAS, BATU BATA DARI PERAK, ADUKANNYA ( UNTUK MEMASANG BATU BATA ) DARI MISIK YANG SANGAT HARUM, BATU-BATUANNYA INTAN-BERLIAN, DAN TANAHNYA DARI MINYAK ZA’FARAN. 
ORANG YANG MEMASUKINYA AKAN BAHAGIA:TIDAK AKAN SENGSARA, AKAN KEKAL TIDAK AKAN MATI, PAKAIAN MEREKA TIDAK AKAN LAPUK DAN USIA MUDA MEREKA TIDAK AKAN LAYU.”

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN-NYA, KETIKA BERFIRMAN: ”DAN APABILA KAMU MELIHAT DI SANA [SURGA], NISCAYA KAMU AKAN MELIHAT BERBAGAI MACAM KENI’MATAN DAN KERAJAAN YANG BESAR.” 
[QS.AL-INSAAN : 20 ]





Dan kenikmatan surga yang disampaikan oleh ALLAH dan kita tidak mengetahuinya adalah sangat besar, tidak dapat dijangkau oleh akal pikiran, Sebagaimana firman-Nya:


فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


”SEORANGPUN TIDAK MENGETAHUI APA YANG DISEMBUNYIKAN UNTUK MEREKA YAITU ( BERMACAM-MACAM KENIKMATAN ) YANG MENYEDAPKAN PANDANGAN MATA SEBAGAI BALASAN TERHADAP APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN.” 

[QS. SAJDAH : 17 ]






Dalam terdapat sebuah hadits Shahih dari Abu Hurairah,dimana ia berkata :”Rasulullah bersabda:
“ALLAH berfirman:

”AKU TELAH MENYIAPKAN BAGI HAMBA-HAMBA-KU YANG SHALIH SESUATU YANG TIDAK PERNAH DILIHAT OLEH MATA,TIDAK PERNAH DIDENGAR OLEH TELING DAN TIDAK PERNAH TERLINTAS DI DALAM HATI MANUSIA.” Bacalah jika kalian mau,(ayat berikut).” 
[HR.BUKHARI ]



فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


“SEORANG PUN TIDAK MENGETAHUI APA YANG DISEMBUNYIKAN UNTUK MEREKA YAITU [BERMACAM-MACAM KENIKMATAN] YANG MENYEDAPKAN PANDANGAN MATA.” 

[QS.SAJDAH: 17 ]

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dari banyak sanad dari sahabat Abu Hurairah yang dalam matan sebagian sanadnya berbunyi :

”AKU SEDIAKAN BAGI HAMBA-HAMBA-KU YANG SHALIH SESUATU YANG TIDAK PERNAH DILIHAT OLEH MATA, TIDAK PERNAH DIDENGAR OLEH TELING DAN TIDAK PERNAH TERLINTAS DI DALAM HATI MANUSIA SEBAGAI SIMPANAN (DI AKHIRAT).
BIARLAH APA-APA YANG TELAH DIPERLIHATKAN ALLAH KEPADA KAMU SEKALIAN KARENA YANG TIDAK DIPERLIHATKAN JAUH LEBIH BESAR.,,KEMUDIAN RASULULLAH MEMBACAKAN AYAT BERIKUT.”    

[HR. MUSLIM ]






Demikian pula Imam Muslim meriwayatkan hadits dari Sahl bin Sa’d As-Sa’idi, ia berkata , aku hadir di majlis Rasulullah dimana beliau menjelaskan surga hingga tuntas kemudian di akhir pembicaraannya, Rasulullah bersabda:

”DI SURGA ADA SESUATU YANG TIDAK PERNAH DILIHAT OLEH MATA,TIDAK PERNAH DIDENGAR OLEH TELINGA DAN TIDAK PERNAH TERLINTAS DI HATI MANUSIA.” LALU BELIAU MEMBACA AYAT.”  
[HR.MUSLIM ]


Yaitu firman-Nya:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
”LAMBUNG MEREKA JAUH DARI TEMPAT TIDURNYA, SEDANG MEREKA BERDOA KEPADA TUHANNYA DENGAN RASA TAKUT DAN HARAP, DAN MEREKA MENAFKAHKAN SEBAGIAN DARI REZEKI YANG KAMI BERIKAN KEPADA MEREKA.
SEORANG PUN TIDAK MENGETAHUI APA YANG DISEMBUNYIKAN UNTUK MEREKA YAITU [ BERMACAM-MACAM NIKMAT] YANG MENYEDAPKAN PANDANGAN MATA SEBAGAI BALASAN TERHADAP APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN.”  

[QS.Sajdah : 16-17 ]





●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

                     PINTU –PINTU SURGA

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●



Surga memiliki beberapa pintu yang dimasuki oleh orang-orang beriman dan dimasuki oleh para malaikat. ALLAH berfirman:


جَنَّاتِ عَدْنٍ مُفَتَّحَةً لَهُمُ الْأَبْوَابُ

”[YAITU] SURGA ‘ADN YANG PINTU-PINTUNYA TERBUKA BAGI MEREKA.” 
[QS. SHAAD: 50 ]



جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ

“SEDANG MALAIKAT-MALAIKAT MASUK KE TEMPAT-TEMPAT MEREKA DARI SEMUA PINTU [SAMBIL MENGUCAPKAN]: ”SALAMUN ‘ALAIKUM BIMA SHABARTUM.”
MAKA ALANGKAH BAIKNYA TEMPAT KESUDAHAN ITU.”  

[QS. AR-RA’D: 23-24 ]





ALLAH YANG MAHA SUCI memberitahukan kepada kita bahwa pintu-pintu ini terbuka ketika orang-orang beriman sampai di sana dan para malaikat menjemput dan menyambut mereka dengan sambutan selamat datang yang hangat. Sebagaimana firman-Nya:



وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ


”SEHINGGA APABILA MEREKA SAMPAI KE SURGA, PINTU-PINTUNYA TELAH TERBUKA DAN BERKATA KEPADA MEREKA PENJAGA-PENJAGANYA:
”KESEJAHTERAAN [SEMOGA DILIMPAHKAN] ATASMU. BERBAHAGIALAH KAMU!,..MAKA MASUKILAH SURGA INI,SEDANG KAMU KEKAL DI DALAMNYA.”  

[QS.AZ-ZUMAR: 73 ]




Rasulullah memberitakan kepada kita bahwa pintu-pintu surga tersebut dibuka setiap tahun,yaitu di bulan RAMADHAN. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

” APABILA BULAN RAMADHAN TIBA,PINTU-PINTU SURGA TERBUKA.”  
[HR. BUKHARI DAN MUSLIM ]


 Jumlah pintu surga ada delapan. Salah satunya di namai pintu AR-RAYYAN yang khusus bagi orang-orang yang berpuasa. Dalam dua KITAB HADITS SHAHIH,diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d,bahwa Rasulullahbersabda :

”DI SURGA ADA DELAPAN PINTU. SATU DI ANTARANYA DI NAMAKAN AR-RAYYAN YANG TIDAK DAPAT DI MASUKI KECUALI OLEH ORANG-ORANG YANG BERPUASA.
APABILA MEREKA SUDAH MASUK, PINTU ITU DITUTUP. MAKA TIDAK AKAN ADA LAGI YANG MASUK SELAIN MEREKA.” 
[Di jelaskan dalam Kitab AN NIHAYAH, IBNU KATSIR, 2/214.]






Di samping pintu khusus bagi orang-orang yang berpuasa, di sana juga ada pintu khusus bagi orang-orang yang banyak shalat, pintu bagi para dermawan dan pintu bagi para mujahid.
Dalam hadits yang disepakati oleh Buhari dan Muslim,dari Abu Hurairah,ia berkata :
” Rasulullah bersabda :

”BARANGSIAPA MENDERMAKAN DUA PASANG (DUA KUDA, DUA UNTA, EMAS DAN PERAK DLL) DARI HARTANYA DI JALAN ALLAH, MAKA IA AKAN DI PANGGIL DARI BEBERAPA PINTU SURGA. DAN SURGA MEMILIKI DELAPAN PINTU.

BARANGSIAPA TERMASUK AHLI SEDEKAH,MAKA IA AKAN DI PANGGIL DARI PINTU SHADAQAH.
BARANGSIAPA  TERMASUK ORANG –ORANG  YANG BERJIHAD,MAKA IA AKAN DIPANGGIL DARI PINTU JIHAD.,
DAN BARANGSIAPA YANG TERMASUK ORANG-ORANG AHLI PUASA, MAKA IA AKAN DIPANGGIL DARI PINTU SHAUM.

Abu Bakar Ash-Shiddiq berkata :”DEMI ALLAH, tidak ada orang yang keberatan jika dipanggil dari setiap pintu. Apakah ada orang yang dipanggil dari semua  pintu wahai Rasulullah ,?”…..Beliau menjawab:”YA,..DAN AKU MENGHARAP ENGKAU TERMASUK ORANG YANG DIPANGGIL DARI SEMUA PINTU.”  [Ibid ]





Imam Muslim telah meriwayatkan dalam Shahihnya, Imam Ahmad dalam musnadnya dan para perawi lain dalam Sunannya,dari Amirul-Mukminin Umar bin Al-Khatthab, ia berkata:
” Rasulullah bersabda:

” BARANGSIAPA BERWUDHU DENGAN SEMPURNA KEMUDIAN MENGANGKAT PANDANGAN KE LANGIT SERAYA MEMBACA :”AKU BERSAKSI BAHWA TIADA ADA TUHAN SELAIN ALLAH SEMATA, TIDAK ADA SEKUTU BAGI-NYA. DAN AKU BERSAKSI BAHWA NABI MUHAMMAD ADALAH HAMBA DAN UTUSAN ALLAH.”

MAKA DELAPAN PINTU-PINTU SURGA AKAN DIBUKAKAN BAGI ORANG TERSEBUT (DAN DIPERSILAHKAN MASUK DARI PINTU MANA SAJA YANG IA KEHENDAKI.”  
[HR. Muslim ]




Dan Rasulullah telah memberitahukan kita, bahwa telah disiapkan sebuah pintu khusus bagi orang-orang yang tidak melalui perhitungan amal, yaitu pintu disebelah kanan. Sementara selain mereka bersama umat-umat terdahulu (akan masuk) dari pintu-pintu yang lain. Dalam Hadits yang disepakati oleh Buhari dan Muslim,dari  Hadits Abu Hurairah tentang syafa’at, ALLAH berfirman:

”HAI MUHAMMAD, MASUKKANLAH DARI SEBELAH KANAN ORANG-ORANG DARI UMATMU YANG TIDAK DI PROSES DALAM PERHITUNGAN AMAL. SEMENTARA YANG LAIN BERGABUNG DENGAN ORANG-ORANG ( DARI UMAT TERDAHULU) DI PINTU-PINTU YANG LAIN.”







Kemudian Rasulullah dalam hadits ini menerangkan LUASNYA PINTU-PINTU SURGA: Bahawa di antara dua sisi pintu tersebut seperti  “JARAK ANTARA MEKKAH DAN MADINAH atau seperti  MEKKAH dengan BASHRA (di IRAK). Sebagaimana dalam hadits tersebut, Rasulullah bersabda:

” DEMI DZAT YANG DIRI MUHAMMAD BERADA DITANGAN-NYA, SESUNGGUHNYA DI ANTARA DUA DAUN PINTU DARI PINTU-PINTU SURGA ATAU JARAK DI ANTARA DUA TIANG PENYANGGA PINTU ADALAH SEPERTI JARAK DI ANTARA MEKKAH DAN HAJAR ATAU SEPERTI JARAK ANTARA MEKKAH DAN BASHRA.” 
[Di jelaskan dalam Kitab : An Nihayah, Ibnu Katsir , 2/221]

Rasulullah telah memberithaukan kepada kita bahwa pintu-pintu surga dibuka di BULAN SUCI RAMADHAN. Dalam dua KItab Hadits Shahih dan Musnad Imam Ahmad, diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda:

”APABILA BULAN RAMADHAN TIBA,PINTU-PINTU LANGIT DIBUKA.”

Dalam riwayat lain:
”PINTU-PINTU SURGA DIBUKA DAN PINTU-PINTU NERAKA DITUTUP.” 

[Lihat Kitab: Misykat Al-Mashabih, 1/612 ]






Disebutkan dalam sebagian riwayat hadits,bahwa jarak antara DUA TIANG DAUN PINTU ADALAH SAMA DENGAN PERJALANAN EMPAT PULUH TAHUN. Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnadnya dan Abu Nu’aim dalam Hilyahnya,dari Hakim bin Mu’awiyah dari Ayahnya, bahwa Rasulullah bersabda:

“SESUNGGUHYA LEBAR DUA DAUN PINTU DI SURGA (SAMA DENGAN) PERJALANAN EMPAT PULUH TAHUN. DAN AKAN TIBA SUATU HARI, BAHWA PINTU ITU AKAN SESAK.” (Sanad Hadits ini Shahih) Hadits ini diriwayatkan juga oleh  Muslim dan Imam Ahmad dari Utbah bin Ghazwan, ia berkata:” SESUNGGUHNYA TELAH DICERITAKAN KEPADA KAMI BAHWA JARAK ANTARA (UJUNG) DUA PINTU DI SURGA SEPERTI PERJALANAN EMPAT PULUH TAHUN. DAN SUNGGUH AKAN DATANG SUATU HARI BAHWA PINTU TERSEBUT PENUH SESAK KARENA BERDESAKAN.” At- Thabarani meriwayatkan dalam Kitab Al-Mu’jam Al Kabir,dari Abdullah bin Salam berkata:” Sesungguhnya jarak antara (sisi) dua daun pintu di surga seperti perjalanan empat puluh tahun: akan berdesakan di pintu itu seperti unta-unta yang berdesakan ketika mendatangi sumur untuk minum air.” 
[Tahqiq ini kami kutip dengan singkat dari KItab Silsilah Al Hadits As Shahihah, Syekh Nasaruddin Al-Bani, 4/273,no.1698.]






●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

                   TINGKAT-TINGKAT SURGA

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●



(Dalil-dalil Yang menunjukkan Bahwa Surga itu Bertingkat Dan Tingkatan Penghuninya Berbeda-beda.)

Surga itu bertingkat-tingkat,sebagiannya berada di atas sebagian yang lain dan para penghuninya saling berbeda tingkatan sesuai tempat tinggal mereka di sana.
ALLAH berfirman:


وَمَنْ يَأْتِهِ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصَّالِحَاتِ فَأُولَٰئِكَ لَهُمُ الدَّرَجَاتُ الْعُلَىٰ
”DAN BARANGSIAPA DATANG KEPADA TUHANNYA DALAM KEADAAN BERIMAN, LAGI SUNGGUH-SUNGGUH TELAH  BERAMAL SALEH MAKA MEREKA ITULAH ORANG-ORANG YANG MEMPEROLEH TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI [MULIA]. 

[QS. THAAHA : 75 ]











مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُ جَهَنَّمَ يَصْلَاهَا مَذْمُومًا مَدْحُورًا

وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا

كُلًّا نُمِدُّ هَٰؤُلَاءِ وَهَٰؤُلَاءِ مِنْ عَطَاءِ رَبِّكَ ۚ وَمَا كَانَ عَطَاءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا

انْظُرْ كَيْفَ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ وَلَلْآخِرَةُ أَكْبَرُ دَرَجَاتٍ وَأَكْبَرُ تَفْضِيلًا
” BARANGSIAPA MENGHENDAKI KEHIDUPAN SEKARANG [DUNIAWI], MAKA “KAMI” SEGERAKAN BAGINYA DI DUNIA ITU APA YANG “KAMI” KEHENDAKI DAN “KAMI” TENTUKAN BAGINYA NERAKA JAHANNAM. IA AKAN MEMASUKINYA DALAM KEADAAN TERCELA DAN TERUSIR.

BARANGSIAPA MENGHENDAKI KEHIDUPAN AKHIRAT DAN BERUSAHA KE ARAH ITU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH SEDANG IA ADALAH MU’MIN, MAKA MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG USAHANYA DI BALASI DENGAN BAIK.

KEPADA MASING-MASING GOLONGAN ITU, KAMI BERIKAN BANTUAN DARI KEMURAHAN TUHANMU. DAN KEMURAHAN TUHANMU TIDAK DAPAT DIHALANGI.
PERHATIKAN BAGAIMANA KAMI LEBIHKAN SEBAGIAN DARI MEREKA ATAS SEBAGIAN [YANG LAIN].DAN PASTI KEHIDUPAN AKHIRAT LEBIH TINGGI TINGKATNYA DAN LEBIH BESAR KEUTAMAANNYA.” 

[QS. AL-ISRAA : 18-21 ]






Di sini jelas diterangkan,bahwa ALLAH memberikan bantuan dari kemurahan-Nya kepada orang yang menghendaki dunia dan orang yang menghendaki akhirat.Dan kemurahan-Nya tidak dapat dihalangi oleh siapapun juga. Ia akan memberikan kepada orang baik atau orang tidak baik. Oleh karena itu, ALLAH berfirman:



انْظُرْ كَيْفَ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ وَلَلْآخِرَةُ أَكْبَرُ دَرَجَاتٍ وَأَكْبَرُ تَفْضِيلًا

”PERHATIKANLAH BAGAIMANA KAMI LEBIHKAN SEBAGIAN DARI MEREKA  ATAS SEBAGIAN [YANG LAIN]. DAN PASTI KEHIDUPAN AKHIRAT LEBIH TIMGGI TINGKATANNYA DAN  LEBIH BESAR KEUNTUNGANNYA.” 

[QS. Al-Israa: 21 ]







Dan ALLAH menjelaskan bahwa perbedaan tingkatan penduduk akhirat nanti melebihi perbedaan tingkatan di dunia dan tingkatan-tingkatan akhirat pun ,sangat besar dibanding tingkat-tingkatan di dunia. Dan perbedaan keutamaan  di antara para nabi-Nya seperti perbedaan keutamaan di antara seluruh hamba-Nya yang beriman. ALLAH berfirman:”


تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۘ مِنْهُمْ مَنْ كَلَّمَ اللَّهُ ۖ
وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجَاتٍ ۚ وَآتَيْنَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنَاتِ وَأَيَّدْنَاهُ بِرُوحِ الْقُدُسِ ۗ
وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِينَ مِنْ بَعْدِهِمْ مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَاتُ وَلَٰكِنِ اخْتَلَفُوا فَمِنْهُمْ مَنْ آمَنَ وَمِنْهُمْ مَنْ كَفَرَ ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ مَا اقْتَتَلُوا وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ

RASUL-RASUL ITU KAMI LEBIHKAN SEBAGIAN MEREKA KE ATAS SEBAGIAN YANG LAIN. DI ANTARA MEREKA ADA YANG BERKATA-KATA [LANGSUNG DENGAN DIA] DAN SEBAGIANNYA ALLAH MENINGGIKANNYA BEBERAPA DERAJAT.
DAN KAMI BERIKAN KEPADA “ISA PUTRA MARYAM BEBERAPA MU’JIZAT SERTA KAMI PERKUAT DIA DENGAN RUHUL-QUDUS.”  

[QS. AL-BAQARAH: 253 ]





Dalam ayat lain ALLAH berfirman:



وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

”DAN SESUNGGUHNYA TELAH KAMI LEBIHKAN SEBAGIAN NABI-NABI ITU ATAS SEBAGIAN [YANG LAIN] DAN KAMI BERIKAN ZABUR KEPADA DAUD.” 

[QS. AL-ISRAA : 55 ]




Dalam Kitab Shahih Muslim, dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau berkata:

”ORANG MUKMIN YANG KUAT ITU LEBIH BAIK DAN LEBIH DICINTAI DI SISI ALLAH DARIPADA ORANG MUKMIN YANG LEMAH. TETAPI PADA MASING-MASING DARI KEDUANNYA ADA KEBAIKAN. (OLEH KARENA ITU), ANDA HENDAKNYA MENCARI DAN MENJAGA APA YANG BERMANFAAT BAGI ANDA. MOHONLAH PERTOLONGAN KEPADA ALLAH DAN JANGANLAH ENGKAU MENJADI ORANG YANG LEMAH.

KALAU KAMU MENDAPATKAN SESUATU (YANG TIDAK DIINGINKAN),JANGANLAH BERKATA :”KALAU AKU BERBUAT BEGINI,PASTI AKAN BEGINI.” ,,,AKAN TETAPI,KATAKANLAH: ALLAH TELAH MENTAQDIRKAN DAN APA YANG ALLAH KEHENDAKI,PASTI DIPERBUAT-NYA. KARENA UNGKAPAN “KALAU ATAU JIKALAU” AKAN MEMBUKA PERBUATAN SETAN.






Dan Dalam Shahihah , dari Abu Hurairah dan Amr bin Al-Ash Radhiallahu ‘anhuma, dari Nabi bersabda:

” SEORANG HAKIM, JIKA IA BERIJTIHAD DAN BENAR DALAM BERIJTIHAD ,MAKA BAGINYA DUA PAHALA. DAN APABILA IA BERIJTIHAD KEMUDIAN SALAH DALAM BERIJTIHADNYA, MAKA BAGINYA SATU PAHALA.”





ALLAH berfirman:



وَمَا لَكُمْ أَلَّا تُنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلِلَّهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ
لَا يَسْتَوِي مِنْكُمْ مَنْ أَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَ ۚ أُولَٰئِكَ أَعْظَمُ دَرَجَةً مِنَ الَّذِينَ أَنْفَقُوا مِنْ بَعْدُ وَقَاتَلُوا ۚ
وَكُلًّا وَعَدَ اللَّهُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

” TIDAK SAMA DI ANTARA KAMU ORANG YANG MENAFKAHKAN [HARTANYA] DAN BERPERANG SEBELUM PENAKLUKAN [MEKKAH]. MEREKA LEBIH TINGGI DERAJATNYA DARI PADA ORANG-ORANG YANG MENAFKAHKAN [HARTANYA] DAN BERPERANG SESUDAH ITU. ALLAH MENJANJIKAN KEPADA MASING-MASING DARI MEREKA [BALASAN] YANG LEBIH BAIK.”   

[QS.AL-HADIID : 10 ]

(((BERSAMBUNG   ))))


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

♥ღϠ₡ღ♥ Semogah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa,....wabillahi taufik wal hidayah,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥









0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami