Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*****KENIKMATAN PENGHUNI SURGA ATAS KESENANGAN DUNIA MENURUT AL-QUR'AN DAN HADITS *****

Written By Ummu Marwah on Sabtu, 07 April 2012 | 09.33

بِسْـــــــــــــــــــــ ـمِ اﷲِارَّتْمَنِ ارَّتِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


PERHATIAN : FOTO FOTO DI BAWAH INI ADALAH SEKEDAR ILUSTRASI DI DUNIA NYATA, BUKAN GAMBARAN SEBENARNYA TENTANG KEHIDUPAN AKHRAT .


●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

                KENIKMATAN PENGHUNI SURGA
                   ATAS KESENANGAN DUNIA
              MENURUT AL-QUR'AN DAN HADITS

                            
●▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬●



    **PEPOHONAN DAN BUAH-BUAHAN DI SURGA MENURUT  AL-QUR’AN DAN HADITS**

  

 A.)Pepohonan dan buah-buahan di surga kekal,berlimpah dan bermacam-macam.

Pepohonan di surga selalu berbuah,tidak seperti  pohon-pohon di dunia yang hanya  berbuah pada waktu-waktu dan musim-musim tertentu. Pohon-pohon di surga rindang dan selalu berbuah. ALLAH berfirman:


”PERUMPAMAAN SURGA YANG DIJANJIKAN KEPADA ORANG-ORANG YANG TAKWA IALAH [SEPERTI TAMAN] MENGALIR SUNGAI-SUNGAI DI DALAMNYA,BUAHNYA TAK HENTI-HENTI,SEDANG NAUNGANNYA [DEMIKIAN PULA].”  

[QS. Ar-Ra’d : 35]

  


Di dalam ayat lain, ALLAH berfirman:

”DAN BUAH-BUAHAN YANG BANYAK,YANG TIDAK BERHENTI [BUAHNYA]DAN TIDAK TERLARANG MENGAMBILNYA.” 

[QS.AL-WAAQI’AH: 32-33 ]





Maksudnya,di surga itu,di samping dalam keadaan pepohonan selalu berbuah,juga tidak ada larangan bagi siapapun dari penghuninya untuk mengambilnya.Dan di antara-antara keajaiban-keajaiban yang didapatkan oleh penghuni surga adalah ketika mereka menerima hidangan buah-buahan,mereka mendapatkan  buah-buahan tersebut saling serupa bentuknya akan tetapi berbeda rasanya,sebagaimana firman ALLAH ta’ala :

” SETIAP MEREKA DIBERI REZEKI BUAH-BUAHAN DALAM SURGA-SURGA ITU,MEREKA MENGATAKAN:”INILAH YANG PERNAH DIBERIKAN KEPADA KAMU DAHULU.”MEREKA DIBERI BUAH-BUAHAN YANG SERUPA.”

[QS.AL-BAQARAH : 25 ]







Pohon-pohon surga mempunyai cabang dan dahan-dahan yang panjang dan tumbuh,sebagaimana firman ALLAH :

”DAN BAGI ORANG YANG TAKUT AKAN  SAAT MENGHADAP TUHANNYA ADA DUA SURGA.MAKA NI’MAT TUHAN KAMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN ? ,,KEDUA SURGA ITU MEMPUNYAI POHON-POHON DAN BUAH-BUAHAN.”

[QS. Ar-Rahmaan : 46-48 ]

Pohon tersebut sangat hijau. ALLAH berfirman:

” DAN SELAIN DARI DUA SURGA ITU ADA DUA SURGA LAGI.MAKA NI’MAT TUHAN KAMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN ? KEDUA SURGA ITU [KELIHATAN] HIJAU TUA WARNANYA.” 

[QS. AR-RAHMAN : 62-64 ]

 





Surga itu tidak disebut dengan  kata ‘mud-hammatan’ kecuali apabila pepohonannya hijau tua hamper kehitam-hitaman dan saling berdekatan antara satu dengan yang lain. Adapun buah-buahan dari pohon tersebut,mudah dan dekat untuk diambil.Setiap penghuni surga dapat memetiknya dengan mudah tanpa harus memanjat. ALLAH berfirman:

” MEREKA BERTELEKAN DI ATAS PERMADANI YANG SEBELAH DALAMNYA DARI SUTRA.DAN BUAH-BUAHAN KEDUA SURGA ITU DAPAT [DIPETIK] DARI DEKAT.” 

[QS. AR-RAHMAN: 54 ]

Dan di ayat lain ALLAH berfirman:

”DAN BUAHNYA DI MUDAHKAN MEMETIKNYA SEMUDAH-MUDAHNYA.” 

[QS. AL-INSAAN: 14 ]


Sementara naungannya di gambarkan oleh ALLAH dalam firman-Nya:

”DAN KAMI MEMASUKKAN MEREKA KE TEMPAT-TEMPAT TEDUH LAGI NYAMAN.” 

[QS.AN-NAAS: 57 ]


 


Firman ALLAH yang lain:

”DAN NAUNGANNYA YANG TERBENTANG LUAS.” 

[QS. WAAQI’AH: 30 ]


 





Demikian juga firman ALLAH:

“SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YANG TAKWA BERADA DALAM NAUNGAN [YANG TEDUH] DAN [DI SEKITAR] MATA-MATA AIR.” 

[QS. AL-MURSALAAT :41 ]





  **GAMBARAN BEBERAPA POHON DI SURGA**


Rasulullah memberitakan kepada kita tentang sebgaian pohon di surga dengan cerita yang menakjubkan.Berita itu mengisahkan tentang suatu penciptaan yang hebat dan mencengangkan yang membuat khayalan merenung dalam dan menerawang panjang.Kami akan sajikan kepada anda beberapa hadits Rasulullah tentang hal itu.
Pohon dengan naungannya membutuhkan 100 tahun untuk ditempuh dengan kendaraan.

   Pohon ini sangat dahsyat dan mencengangkan, tidak akan ada yang mampu untuk memperkirakan besarnya kecuali Dzat Yang Menciptakan. Rasulullah telah menerangkan besarnya pohon ini,jika seseorang penunggang kuda balap dengan berkecepatan tinggi menempuh naungan pohon tersebut,maka ia membutuhkan seratus tahun lamanya. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim,diriwayatkan hadits dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata : Rasulullah bersabda:

” SESUNGGUHNYA DI SURGA ITU ADA SEBUAH POHON YANG (KARENA BESARNYA) TIDAK DAPAT DIPEMPUH OLEH PENUNGGANG KUDA CEPAT DALAM WAKTU SERATUS TAHUN.” 

[HR.BUKHARI dan MUSLIM].


This is going down a storm on DA




Dan Imam Muslim meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah dan Sahl bin Sa’d Radhiallahu ‘anhuma,bahwa Rasulullah bersabda:

“ SESUNGGUHNYA DI SURGA ADA SEBUAH POHON YANG TIDAK DAPAT DITEMPUH NAUNGANNYA OLEH PENGENDARA KENDARAAN (SELAMA) SERATUS TAHUN.”  

[HR. MUSLIM]


 **SIDRATUL MUNTAHA**

Sidratul-Muntaha adalah merupakan sebuah pohon yang disebutkan dalam AL-QUR’AN. Dan ALLAH memberitakan bahwa Rasul kita Muhammad, pernah melihat Jibril dalam kejadian (bentuk aslinya) yang diciptakan ALLAH di dekat pohon ini.Pohon ini dekat surga Ma’wa. Sebagaimana ALLAH telah meberitahukan kepada kita bahwa Sidratul Muntaha itu , ketika dilihat oleh Rasulullah sungguh telah tertutupi oleh sesuatu yang tidak diketahui kecuali oleh ALLAH, sebagaimana firman-Nya:

”DAN SESUNGGUHNYA MUHAMMAD TELAH MELIHAT JIBRIL ITU [DALAM RUPANYA YANG ASLI] PADA WAKTU YANG LAIN: [YAITU] DI SIDRATUL-MUNTAHA DILIPUTI OLEH SESUATU YANG MELIPUTINYA. PENGLIHATANNYA [MUHAMMAD]TIDAK BERPALING DARI YANG DILIHATNYA ITU DAN TIDAK [PULA] MELAMPAUINYA.”

[QS.AN-NAJM: 13-17 ]







Rasulullah memberitakan kepada kita tentang sesuatu yang dilihatnya dari pohon ini,beliau bersabda:

”KEMUDIAN DIANGKAT (DIPERLIHATKAN) KEPADAKU SIDARTUL-MUNTAHA.TERNYATA (AKU LIHAT) BUAHNYA (BESAR) SEPERTI KANTONG AIR DAERAH HAJAR DAN DAUNNYA SEPERTI KUPING GAJAH.
JIBRIL BERKATA:” INI ADALAH SIDRATUL-MUNTAHA.”

DAN TIBA-TIBA (AKU MELIHAT) EMPAT SUNGAI:
DUA SUNGAI DI DALAM DAN DUA SUNGAI DI LUAR. AKU BERTANYA: APA DUA (MACAM SUNGAI) INI, WAHAI JIBRIL?,,,IA MENJAWAB:”DUA SUNGAI YANG DI DALAM ADALAH DUA SUNGAI DI SURGA. SEMENTARA DUA YANG DILUAR ADALAH SUNGAI NIL DAN SUNGAI EUFRAT.”

[HR. BUKHARI DAN MUSLIM ]


  


Dan dalam Shahih Bukhari dan Muslim juga, Rasulullah bersabda:

”KEMUDIAN JIBRIL MEMBAWAKU SAMPAI KE SIDRATUL-MUNTAHA YANG BUAHNYA SEPERTI KANTONG AIR DAERAH HAJAR DAN DAUNNYA SEPERTI KUPING GAJAH. SATU DAUN SAJA SAMPAI MENUTUPI UMAT INI. KEMUDIAN SIDRATUL-MUNTAHA INI TERTUTUPI OLEH WARNA-WARNI YANG AKU TIDAK MENGETAHUINYA.KEMUDIAN AKU DIMASUKKAN KE SURGA. TIBA-TIBA DI DALAM SURGA ITU ADA TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI DARI MUTIARA, DAN TANAHNYA DARI MINYAK KESTURI.” 

[HR. BUKHARI dan MUSLIM]

**POHON THUBA**

 Thuba ini adalah pohon yang sangat besar,yang pakaian-pakaian penghuni surga dikeluarkan dari pohon tersebut. Dalam Musnad Imam Ahmad,Tafsir Ibnu  Katsir dan Shahih Ibnu Hibban, dari Abu Sa’id al Khudri,dari Rasulullah,beliau bersabda :
”THUBA  ADALAH SEBUAH POHON DI SURGA (YANG BESARNYA) SEPERJALANAN SERATUS TAHUN. PAKAIAN PENGHUNI SURGA DIKELUARKAN DARI TUTUP-TUTUPNYA.”
Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya menunjukkan bahwa pakaian penghuni surga diambil dari buah-buahan surga. Hadits tersebut dari Abdullah bin Amr, ia berkata:

”ADA SESEORANG DATANG KEPADA NABI SERAYA BERKATA:” WAHAI RASULULLAH,BERITAHUKAN KEPADAKU TENTANG PAKAIAN PENGHUNI SURGA,APAKAH ITU SESUATU YANG TERCIPTA, ATAUKAH SUATU ANYAMAN YANG DIANYAM ?” MAKA, SEBAGIAN KAUM TERTAWA.
KEMUDIAN RASULULLAH BERKATA:”MENGAPA KAMU SEMUA TERTAWA ?,,APAKAH KALIAN MENERTAWAKAN ORANG YANG TIDAK TAHU DAN BERTANYA KEPADA ORANG ALIM ?,,KEMUDIAN BERKATA:”SIAPAKAH YANG BERTANYA TADI ?”,,,IA MENJAWAB: AKU YA RASULULLAH. BELIAU BERSABDA:” TIDAK. AKAN TETAPI (PAKAIAN-PAKAIAN ITU) DIKELUARKAN DARI BUAH SURGA, “BELIAU MENGATAKAN ITU TIGA KALI.”

**Primadona Daun Wewangian Di Surga**

ALLAH telah memberitahukan kepada kita bahwa di surga ada RAIHAN , seperti dalam firman-Nya:

”ADAPUN JIKA DIA [ORANG YANG MATI] TERMASUK ORANG YANG DI DEKATKAN [KEPADA ALLAH],MAKA DIA MEMPEROLEH KETENTRAMAN DAN REZEKI SERTA SURGA KENI’MATAN].”  

[QS. AL-WAAQI’AH : 89 ]
Dan Rasulullah memberitahukan kepada kita,bahwa PRIMADONA WEWANGIAN di surga adalah HINNA. Dalam kitab Mu’jam At Taharani Al Kabier dengan sanad yang SHAHIH sesuai syarat Bukhari dan Muslim,dari Abdullah bin Amar dari Nabi beliau bersabda :

”TUAN (PRIMADONA) WEWANGIAN SURGA ITU ADALAH HINNA.

**Batang Pohon Surga Dari Emas**

Sesuatu yang menakjubkan dari yang diberitakan oleh Rasulullah adalah bahwa batang-batang pepohonan di surga dari emas,sebagaimana dalam Sunan Tirmidzi,Shahih Ibnu Hibban dan Sunan Al Baihaqi dengan Sanad yang Shahih, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

”TIDAK ADA SATU POHON DI SURGA KECUALI BATANGNYA DARI EMAS.”

  **Bagaimana Seorang Mukmin Memperbanyak Pohonnya Di Surga.**


Ketika Nabi kita MUHAMMAD di Isra ‘kan ,Nabi Ibrahim yang bergelar Abu Al Anbiya pernah meminta kepada beliau untuk menyampaikan salam kepada umatnya dan memberitahu mereka tentang cara memperbanyak pepohonan SURGA.
Imam Tirmidzi meriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Ibnu Mas’ud,ia berkata:” Rasulullah bersabda:

”AKU BERTEMU DENGAN NABI IBRAHIM DI MALAM AKU DI ISRA’KAN.KEMUDIAN IA BERKATA:” HAI MUHAMMAD, SAMPAIKAN SALAM KU KEPADA UMATMU!,..SESUNGGUHNYA SURGA ITU ADALAH BUMI YANG TANAHNYA SANGAT BAIK DAN AIRNYA TAWAR. DAN SURGA ITU MERUPAKAN TANAH YANG KOSONG YANG TANAMANNYA ADALAH BACAAN BERIKUT INI:”MAHA SUCI ALLAH,SEGALA PUJI MILIK ALLAH,TIDAK ADA ILAH SELAIN ALLAH DAN ALLAH MAHA BESAR.”

**HEWAN TERNAK DAN BURUNG-BURUNG DI SURGA**


 Di surga banyak BURUNG-BURUNG dan HEWAN-HEWAN berkaki empat dan tidak diketahui oleh selain ALLAH ta’ala. ALLAH dalam dalam menerangkan keni’matan yang akan diperoleh oelh penghuni surga, seperti dalam firman-Nya:

”DAN DAGING BURUNG DARI APA YANG MEREKA INGINKAN. DAN DI DALAMNYA SURGA ITU ADA BIDADARI-BIDADARI YANG BERMATA JELI.” 

[QS. AL-WAAQI’AH: 21 -22]



Dalam Sunan Tairmidzi,diriwayatkan dari Anas, ia berkata Rasulullah di Tanya tentang AL-KAUTSAR.Beliau menjawab:

”ITU ADALAH SUNGAI YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH KEPADAKU DI SURGA.(AIRNYA) LEBIH PUTIH KETIMBANG SUSU DAN (RASANYA) LEBIH MANIS KETIMBANG MADU. DI SANA ADA BURUNG YANG LEHERNYA (PANJANG) SEPERTI LEHER UNTA.” Umar berkata:”INI SUNGGUH SANGAT NIKMAT.
Rasulullah bersabda:”AKU PERNAH MEMAKANNYA DAN RASANYA LEBIH NI’MAT DARI ITU.
[Dijelaskan dalam Kitab Misykat Al-Mashabih,2/91. Penahkik berkata: Hadits diriwayatkan oleh Tirmidzi dan ia berkata,hadits hasan gharib,Syekh Nashir berkata: Sanadny hasan.]


Abu Nu’aim meneybutkan sebuah hadits dalam kitabnya Al Hilyah dan Al Hakim dalam Mustadraknya,dari Ibnu Mas’ud, ia berkata: ada seseorang datang dengan membawa unta yang di pasang tali kendali. Ia berkata: Wahai Rasul, unta ini (saya infakkan) di jalan ALLAH. Kemudian Rasulullah bersabda:

” BAGI KAMU DI SURGA ADA TUJUH RATUS UNTA YANG DI PASANG TALI KENDALI SEBAGAI BALASAN DARI UNTA INI.” [Silsilah Al Ahaadits As Shahihah, 2/228,no. 634]


Al-Hakim berkata: Hadits ini Shahih sesuai dengan syarat Bukhari dan Muslim. Dan disetujui oleh Ad Dzahabi dan Al Albani.
Dan Imam Muslim meriwayatkan pula hadits dalam Shahihnya dari Abu Mas’ud Al Anshari ,ia berkata: Ada seseorang datang dengan membawa unta yang sudah dipasang tali kendali. Ia berkata: Wahai Rasul,unta ini (saya infakkan) di jalan ALLAH.Kemudian Rasulullah bersabda:

”SEBAGAI BALASAN DARI MENGINFAKKAN UNTA INI, BAGIMU DI HARI KIAMAT ADA TUJUH RATUS UNTA YANG SEMUANYA SUDAH DI PASANGI TALI KENDALI.”  
[HR.Muslim]

 





















































[[[[BERSAMBUNG.....]]]]



::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
♥ღϠ₡ღ♥ Semogah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa,....wabillahi taufik wal hidayah,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami