Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***KIAMAT MENURUT PARA NABI DAN DALAM KITAB-KITAB AHLI KITAB MENURUT AL-QUR’AN ***

Written By Ummu Marwah on Senin, 09 April 2012 | 05.06

Oleh Ummu Marwah 30 Oktober 2011







بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
.


***KIAMAT MENURUT PARA NABI DAN DALAM KITAB-KITAB AHLI KITAB MENURUT AL-QUR’AN ***



**Kesepakatan Semua Nabi Tentang Pengetahuan Hari Akhir.** 

Iman kepada Hari Kiamat, Surga dan Neraka termasuk dasar-dasar keimanan yang dikenal dan diimani bersama oleh semua para nabi dan pengikut-pengikut mereka yang benar.

Dan AL-QUR’AN,yaitu kitab ALLAH yang terjaga yang tidak berubah dan tidak diganti menunjukkan dengan pasti dan jelas bahwa semua para nabi mengenalkan umat-umat mereka kepada hari kiamat,memberi kabar gembira dengan surga dan memberi peringatan dari neraka. Ini menunjukkan oleh beberapa hal:

  1.  AL-QUR’AN memberi tahu tentang orang-orang yang jahat dan kafir penghuni neraka,bahwasanya mereka mengakui bahwa para rasul telah mengingatkan mereka pada hari akhirat.ALLAH berfirman:
”SETIAP KALI DILEMPARKAN KE DALAMNYA SEKUMPULAN [ORANG-ORANG KAFIR].PENJAGA-PENJAGA [NERAKA ITU] BERTANYA KEPADA MEREKA:” APAKAH BELUM PERNAH DATANG KEPADA KAMU [DI DUNIA] SEORANG PEMBERI PERINGATAN?”  MEREKA MENJAWAB: “BENAR ADA,SESUNGGUHNYA TELAH DATANG KEPADA KAMI SEORANG PEMBERI PERINGATAN,MAKA KAMI MENDUSTAKAN[NYA] DAN KAMI KATAKAN:ALLAH TIDAK MENURUNKAN SESUATUPUN,KAMU TIDAK LAIN HANYALAH DI DALAM KESESATAN YANG BESAR.”  DAN MEREKA BERKATA:”SEKIRANYA KAMI MENDENGARKAN ATAU MEMIKIRKAN [PERINGATAN ITU] NISCAYA TIDAKLAH KAMI TERMASUK PENGHUNI-PENGHUNI NERAKA YANG MENYALA-NYALA.”    [QS.AL-MULK:8-10 ]

 Dan dalam firman-Nya yang lain juga menjelaskan:

“ORANG-ORANG KAFIR DIBAWA KE NERAKA JAHANNAM BEROMBONG-ROMBONGAN.SEHINGGA APABILA MEREKA SAMPAI KE NERAKA ITU DIBUKAKANLAH PINTU-PINTUNYA
DAN BERKATALAH KEPADA MEREKA PENJAGA-PENJAGANYA:”APAKAH BELUM PERNAH DATANG KEPADAMU RASUL-RASUL DI ANTARAMU YANG MEMBACAKAN KEPADAMU AYAT-AYAT “TUHAN-MU” DAN MEMPERINGATKAN KEPADAMU  AKAN PERTEMUAN DENGAN HARI INI?”  MEREKA MENJAWAB: “BENAR [TELAH DATANG].” TETAPI TELAH PASTI BERLAKU KETETAPAN AZAB TERHADAP ORANG-ORANG KAFIR.”   

[QS.AZ-ZUMAR:71]

Semua orang-orang kafir ketika ditanya tentang sebab masuknya mereka ke dalam neraka,mereka mengakui bahwa para rasul mereka telah memperingatkan mereka pada pertemuan hari itu,akan tetapi mereka mengingkari dan mendustakannya.
Apa yang ditetapkan oelh ayat-ayat di atas,ALLAH telah menjelaskannya dalam beberapa tempat dalam kitabnya. ALLAH telah memberi tahu bahwa konsekwensi dari keadilan dan hikmahnya DIA tidak menyiksa seseorang yang tidak tersentuh da’wah dan belum tegak baginya hujjah.
ALLAH berfirman:

”[MEREKA KAMI UTUS] SELAKU RASUL-RASUL PEMBAWA BERITA GEMBIRA DAN PEMBERI PERINGATAN AGAR TIDAK ADA ALASAN BAGI MANUSIA MEMBANTAH ALLAH SESUDAH DIUTUSNYA RASUL-RASUL ITU.”  

[QS.AN-NISA :165]
Oleh karena itu kerasulan menyeluruh kepada semua manusia. Sebagaimana firman-Nya”

“DAN  TIDAK ADA SUATU UMAT PUN MELAINKAN TELAH ADA PADANYA SEORAG PEMBERI PERINGATAN.”   
[QS. FATHIR: 24 ]







2-Tatkala ALLAH menurunkan Adam ke Bumi ini,ALLAH memperkenalkannya pada hari kebangkitan dan hari akhirat.

DISEBUTKAN DALAM FIRMAN-NYA:

“ALLAH BERFIRMAN: TURUNLAH KAMU SEKALIAN,SEBAHAGIAN KAMU JADI MUSUH BAGI SEBAHAGIAN YANG LAIN. DAN KAMU MEMPUNYAI TEMPAT KEDIAMAN DAN KESENANGAN [TEMPAT MENCARI KEHIDUPAN] DI MUKA BUMI SAMPAI WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN.” ALLAH BERFIRMAN:”DI BUMI ITU KAMU HIDUP DAN DI BUMI ITU KAMU MATI,DAN DARI BUMI ITU [PULA] KAMU AKAN DIBANGKITKAN.”  

[QS.AL-A,RAF :24-25 ]

Tatkala ALLAH murka kepada iblis dan menjahukannya dari rahmat-Nya, ia minta dtangguhkan hingga hari kebangkitan. Dan ALLAH mengabulkan permintaannya.
Dalam firman-Nya:

” IBLIS BERKATA:
”YA TUHANKU,BERI TANGGUHLAH AKU SAMPAI HARI MEREKA DIBANGKITKAN.” ALLAH BERFIRMAN:” SESUNGGUHNYA KAMU TERMASUK ORANG-ORANG YANG DIBERI TANGGUH,SAMPAI KEPADA HARI YANG TELAH DITENTUKAN WAKTUNYA [HARI KIAMAT].”   

[QS.SHAAD : 79-81 ]




3- Dan rasul pertama Nuh memperingatkan kaumnya akan hari kiamat dan membuat perumpamaan bagi mereka dengan sesuatu yang menunjukkan terjadinya hari kiamat.

Ia berkata kepada kaumnya:

“DAN ALLAH MENUMBUHKAN KAMU DARI TANAH DENGAN SEBAIK-BAIKNYA,KEMUDIAN DIA MENGEMBALIKAN KAMU KE DALAM TANAH DAN MENGELUARKAN KAMU [DARI PADANYA PADA HARI KIAMAT] DENGAN SEBENAR-BENARNYA.”  

[QS. NUH:17-18 ]




4-Bapak para nabi, Khalilur rahman banyak menyebutkan hari akhir dalam doanya untuk Mekkah dan penduduknya.

Ia berkata:

” YA TUHANKU, JADIKANLAH NEGERI INI NEGERI YANG AMAN SENTOSA,DAN BERIKANLAH REZKI DAN BUAH-BUAHAN KEPADA PENDUDUKNYA YANG BERIMAN DI ANTARA MEREKA KEPADA ALLAH DAN HARI KEMUDIAN.
ALLAH BERFIRMAN:” DAN KEPADA ORANG YANG KAFIR PUN AKU BERI KESENANGAN SEMENTARA,KEMUDIAN AKU PAKSA IA MENJALANI SIKSA NERAKA DAN ITULAH SEBURUK-BURUK TEMPAT KEMBALI.”  

[QS.AL-BAQARAH : 126 ]

Dan dalam doanya untuk dirinya,bapaknya dan orang-orang mu’min beliau berkata:

“YA TUHAN KAMI,BERI AMPUNLAH AKU DAN KEDUA IBU BAPAKKU DAN SEKALIAN ORANG-ORANG MU’MIN PADA HARI TERJADINYA HISAB [HARI KIAMAT].”   

[QS.IBRAHIM : 41 ]

Dalam membantah kaumnya tentang apa yang mereka sembah, beliau menjelaskan alasan keberhakkan Tuhannya untuk disembah,yaitu karena Dia memberi makan dan minum,mematikan dan menghidupkan,menyembuhkan orang sakit,dan mengampuni dosa-dosa pada hari kiamat.
Sebagaimana firman-Nya:

”DAN TUHANKU,YANG DIA MEMBERI MAKAN DAN MINUM KEPADAKU,DAN APABILA AKU SAKIT,DIALAH YANG MENYEMBUHKAN AKU, DAN YANG AKAN MEMATIKAN AKU,KEMUDIAN AKAN MENGHIDUPKAN AKU [KEMBALI],DAN YANG AMAT KUINGINKAN AKAN MENGAMPUNI KESALAHANKU PADA HARI KIAMAT.”  

[QS.AS-SYU’ARA :79 -82 ]
Kemudian beliau memohon kepada Tuhannya agar dimasukkan ke surga,dan tidak dihinakan para hari kiamat.
ALLAH berfirman:

”DAN JADIKANLAH AKU TERMASUK ORANG-ORANG YANG MEMPUSAKAI SURGA YANG PENUH KENIKMATAN, DAN AMPUNILAH BAPAKKU, KARENA SESUNGGUHNYA IA ADALAH TERMASUK GOLONGAN ORANG-ORANG YANG SESAT, DAN JANGANLAH ENGKAU HINAKAN AKU PADA HARI MEREKA DIBANGKITKAN, [YAITU] DI HARI HARTA DAN ANAK-ANAK LAKI-LAKI TIDAK BERGUNA, KECUALI ORANG-ORANG YANG MENGHADAP ALLAH DENGAN HATI YANG BERSIH.”  

[QS.AS-SYU’ARA :85-89 ]





5- Dalam percakapan ALLAH dengan Musa.

ALLAH berfirman:

”SESUNGGUHNYA AKU INI ADALAH ALLAH, TIDAK ADA TUHAN [YANG HAK] SELAIN AKU,MAKA SEMBAHLAH AKU DAN DIRIKANLAH SHALAT UNTUK MENGINGAT AKU. SESUNGGUHNYA HARI KIAMAT ITU AKAN DATANG. AKU RAHASIAKAN [WAKTUNYA] AGAR SUPAYA TIAP-TIAP DIRI DIBALAS DENGAN APA YANG DIA USAHAKAN.
MAKA SEKALI-KALI JANGANLAH KAMU DIALINGKAN DARIPADANYA DAN OLEH ORANG YANG MENGIKUTI HAWA NAFSUNYA, YANG MENYEBAKAN KAMU DI BINASA.”   

[QS.THAHA : 14-16 ]

Dan percakapan Musa dan Fir’aun.
ALLAH berfirman:

”DARI BUMI [TANAH] ITULAH KAMI MENJADIKAN KAMU DAN KEPADANYA KAMI AKAN MENGEMBALIKAN KAMU DAN DARIPADANYA KAMI AKAN MENGELUARKAN KAMU PADA KALI YANG LAIN.”  

[QS.THAHA : 55 ]



6-HUD memperingatkan kaumnya agar merasa akan adanya pertemuan dengan Tuhan mereka.
Akan tetapi mereka mendustakan.
ALLAH berfirman:

”DAN BERKATALAH PEMUKA-PEMUKA YANG KAFIR DI ANTARA KAUMNYA DAN YANG MENDUSTAKAN AKAN MENEMUI HARI AKHIRAT [KELAK] DAN YANG TELAH KAMI MEWAHKAN MEREKA DALAM KEHIDUPAN DUNIA, [ORANG] INI TIDAK  LAIN HANYALAH MANUSIA SEPERTI KAMU,DIA MAKAN DARI APA YANG KAMU MAKAN,DAN MEMINUM DARI APA YANG KAMU MINUM.DAN SESUNGGUHNYA JIKA KAMU SEKALIAN MENAATI MANUSIA YANG SEPERTI KAMU,NISCAYA BILA DEMIKIAN,KAMU BENAR-BENAR [MENJADI],ORANG-ORANG YANG MERUGI.

APAKAH IA MENJANJIKAN KEPADA KAMU SEKALIAN BAHWA BILA KAMU MATI DAN TELAH MENJADI TANAH DAN TULANG BELULANG, KAMU SESUNGGUHNYA AKAN DIKELUARKAN [DARI KUBURMU]?
JAUH, JAUH SEKALI [DARI KEBENARAN] APA YANG DIANCAMKAN KEPADA KAMU ITU, KEHIDUPAN ITU TIDAK LAIN HANYALAH KEHIDUPAN KITA DI DUNIA INI. KITA MATI DAN KITA HIDUP DAN SEKALI-KALI TIDAK AKAN DIBANGKITKAN LAGI.”  

[QS.AL-MU’MINUN : 33-37 ]
Dan Syu’aib berkata kepada kaumnya.

“HAI KAUMKU,SEMBAHLAH OLEHMU “ALLAH”,HARAPKANLAH [PAHALA] HARI AKHIR,DAN JANGAN KAMU BERKELIARAN DIMUKA BUMI BERBUAT KERUSAKAN.” 

[QS.AL-ANKABUT:36 ]




7- Doa nabi Yusuf kepada Tuhannya.

“YA TUHANKU,SESUNGGUHNYA ENGKAU TELAH MENGANUGERHKAN KEPADAKU SEBAGIAN KERAJAAN DAN TELAH MENGAJARKAN KEPADAKU SEBAGIAN TA’BIR MIMPI. [YA TUHAN] PENCIPTA LANGIT DAN BUMI, ENGKAULAH PELINDUNGKU DI DUNIA DAN DI AKHIRAT,WAFATKANLAH AKU DALAM KEADAAN ISLAM DAN GABUNGKANLAH AKU DENGAN ORANG-ORANG YANG SALEH.”   

[QS.YUSUF : 101 ]


8- ALLAH mengisahkan perkataan sebagian pengkiut para rasul dalam kitab-Nya.

Mereka mengetahui hari kebangkitan,dan memberi kabar gembira dengan surge,dan memberi peringatan dari neraka.Tatkala Dzulqarnain sampai ke tempat terbenamnya matahari,dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam,dan dia mendapatkan padanya segolongan umat.ALLAH berkata kepadanya.

“HAI  DZULQARNAIN, KAMU BOLEH MENYIKSA ATAU BOLEH BERBUAT KEBAIKAN TERHADAP MEREKA. “BERKATA DZULQARNAIN,  ADAPUN ORANG YANG ANIYAYA,MAKA KAMI KELAK AKAN MENGAZABNYA, KEMUDIAN DIA DIKEMBALIKAN KEPADA TUHANNYA, LALU TUHAN MENGAZABNYA DENGAN AZAB YANG TIDAK ADA TARANYA.
ADAPUN ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERAMAL SHALEH,MAKA BAGINYA PAHALA YANG TERBAIK SEBAGAI BALASAN,DAN AKAN KAMI TITAHKAN KEPADANYA [PERINTAH]YANG MUDAH DARI PERINTAH-PERINTAH KAMI.”  

[QS. AL-KAHFI : 86-88 ]

Orang-orang yang beriman dari kelurga Fir’aun,mereka yakin terhadap hari kebangkitan dan mengetahuinya,dan pengetahuan kita. Mereka telah memperingatkan yang rinci dan jelas di antara yang dikatakan kepada mereka.
Sebagaimana firman-Nya:

”HAI KAUMKU, SESUNGGUHNYA AKU KHAWATIR TERHADAPMU AKAN SIKSAAN HARI PANGGIL-MEMANGGIL,[YAITU] HARI [KETIKA] KAMU [LARI] BERPALING KE BELAKANG,
TIDAK ADA BAGIMU SEORANGPUN YANG MENYELAMATKAN KAMU DARI [AZAB] ALLAH, DAN SIAPA  YANG DISESATKAN ALLAH,NISCAYA TIDAK ADA BAGINYA SEORANGPUN YANG AKAN MEMBERI PETUNJUK.”   

[QS.GHAFIR:32-33 ]
DAN JUGA BERKATA:

“HAI KAUMKU, SESUNGGUHNYA KEHIDUPAN DUNIA INI HANYALAH KESENANGAN [SEMENTARA] DAN SESUNGGUHNYA AKHIRAT ITULAH NEGERI YANG KEKAL.BARANGSIAPA MENGERJAKAN PERBUATAN JAHAT,MAKA DIA  TIDAK AKAN DIBALAS MELAINKAN SEBANDING DENGAN KEJAHATAN ITU.DAN BARANGSIAPA MENGERJAKAN AMAL YANG SALEH BAIK-LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN SEDANG IA DALAM KEADAAN BERIMAN, MAKA MEREKA AKAN MASUK SURGA,MEREKA DIBERI REZKI DI DALAMNYA TANPA HIZAB.HAI KAUMKU,BAGAIMANAKAH KAMU,AKU MENYERU KAMU KEPADA KESELAMATAN,TETAPI KAMU MENYERU AKU KE NERAKA? “ 

[QS. GHAFIR:39-41 ]

DAN BERKATA:

“SUDAH PASTI BAHWA APA YANG KAMU SERU SUPAYA AKU [BERIMAN] KEPADANYA TIDAK DAPAT MEMPERKENANKAN SERUAN APAPUN BAIK DI DUNIA MAUPUN DI AKHIRAT.DAN SESUNGGUHNYA KITA KEMBALI KEPADA ALLAH DAN SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YANG MELAMPAUI BATAS,MEREKA ITULAH PENGHUNI NERAKA.” 

[QS. GHAFIR: 43 ]
Tatkala para tukang sihir Fir’aun melihat bukti-bukti agung yang dibawa oleh Musa,mereka sujud dan bertasbih serta beriman kepadanya.Akhirnya Fir’aun mengancam mereka dengan siksa yang pedih.Mereka berlindung kepada ALLAH Tuhan mereka dan tidak memperdulikan ancaman dan mereka manjawab seraya berkata:

“SESUNGGUHNYA KAMI BERIMAN KEPADA TUHAN KAMI,AGAR DIA MENGAMPUNI KESALAHAN-KESALAHAN KAMI DAN SIHIR YANG TELAH KAMU PAKSAKAN KEPADA KAMI MELAKUKANNYA.

DAN ALLAH LEBIH BAIK [PAHALA-NYA] DAN LEBIH KEKAL [AZAB-NYA] SESUNGGUHNYA BARANGSIAPA DATANG KEPADA TUHANNYA DALAM KEADAAN BERDOSA,MAKA SESUNGGUHNYA BAGINYA NERAKA JAHANNAM.IA TIDAK MATI DI DALAMNYA DAN TIDAK [PULA] HIDUP.

DAN BARANGSIAPA DATANG KEPADA TUHANNYA DALAM KEADAAN BERIMAN,LAGI SUNGGUH-SUNGGUH TELAH BERAMAL SALEH, MAKA MEREKA ITULAH ORANG-ORANG YANG MEMPEROLEH TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI [MULIA],[YAITU] SURGA ADA YANG MENGALIR SUNGAI-SUNGAI DI BAWAHNYA, MEREKA KEKAL DI DALAMNYA. DAN ITU ADALAH BALASAN BAGI ORANG YANG BERSIH [DARI KEKAFIRAN DAN KEMAKSIATAN].”  

[QS. THAHA :73-74 ]





**MENGKAJI NASH-NASH TENTANG HARI KIAMAT DALAM KITAB-KITAB SUCI AHLI KITAB.**

Tidak diragukan bahwa kitab-kitab SAMAWI yang diturunkan oleh ALLAH banyak nash-nashnya yang menyebutkan hari kiamat, baik dalam bentuk mangancam dengannya atau memberikan kabar gembira dengan apa yang disedikan oleh ALLAH untuk orang-orang yang beriman padanya di surga  yang penuh dengan kenikmatan,serta memperingatkan dari neraka dan kedhsyatan hari kiamat. Akan  tetapi, kitab-kitab tersebut telah banyak yang dirubah dan banyak sekali nash-nashnya yang menyebutkan hari kiamat telah hilang.

1-Dalam Taurat yang dinisbatkan kepada Musa,kita tidak mendapatkan kecuali satu nash yang jelas,akan tetapi dalam Taurat Ibrani mengandung dua makna. Dalam kitab undang-undang fasal 32 ayat (34-35) pada Taurat Samiriyah disebutkan :”TIDAKKAH IA DIKUMPULKAN DISISIKU, DITULIS ALAM PERBENDAHARAANKU, SAMPAI HARI PEMBALASAN, DI WAKTU KAKI-KAKI MEREKA TERGELINCIR.”
Dalam Taurat Ibrani diterangkan :” TIDAKKAH HAL ITU DISIMPAN DI SISIKU,DITULIS DALAM PERBENDARAHANKU,BAGIKU PEMBALASAN DI WAKTU KAKI-KAKI MEREKA TERGELINCIR.”
Nash Samiriyah menunjukkan bahwa diputuskannya perkara hanya pada hari kiamat yang disebut dengan hari balas dendam dan pembalasan. Adapun nash Ibrani,pembalasan itu boleh terjadi di dunia dan boleh diakhirat. Oleh karena itu,(as Shaduqiyun) dari Yahudi yang tidak beriman kecuali kepada Taurat Musa dalam (bahasa ibrani).Tidak beriman kepada hari kebangkitan karena tidak adanya dalil yang menunjukkan atas hari kebangkitan.

Adapun kitab-kitab tentang para nabi di dalam Taurat,ada sebagian nash yang menerangkan adanya hari kebangkitan,begitu pula di dalam kitab Injil.


2- Dalam kitab Danial:”BANYAK ORANG-ORANG YANG TIDUR DI BAWAH TANAH BANGUN,MEREKA PERGI KEKEHIDUPAN YANG ABADI,ADA JUGA YANG PERGI KEPADA KENISTAAN DAN KEHINAAN YANG ABADI.”

3-Dalam kitab AL-MUZAMMIR disebutkan tentang pengumpulan ke neraka. Ia berkata:”SEPERTI KAMBING,MEREKA DIGIRING KENERAKA,MEREKA DIJEMPUT MAUT,DAN BESOK DIPIMPIN OLEH ORANG-ORANG YANG LURUS,BADAN MEREKA HANCUR,DAN NERAKA MENJADI TEMPAT TINGGAL MEREKA,”

4- Dalam Injil Mateus diterangkan “ Kalau tangan atau kakimu menyesatkanmu maka potonglah dan buanglah. Kamu hidup pincang atau terputus salah satu tangan,itu lebih baik dari pada kamu dilemparkan ke neraka yang abadi dengan mempunyai kedua tangan atau kedua kaki.”

KITAB YANG PALING BANYAK BERBICARA TENTANG SURGA DAN NERAKA ADALAH INJIL BARNABAS. IA BERBICARA TENTANG PENGHUNI SURGA BAHWA MEREKA MAKAN DAN MINUM,AKAN TETAPI MEREKA TIDAK KENCING DAN TIDAK BERAK KARENA MAKANAN DAN MINUMAN MEREKA TIDAK ADA YANG BURUK DAN RUSAK. AKAN TETAPI,ORANG-ORANG NASRANI MENDUSTAKAN INJIL INI YANG BARU MUNCUL DI ZAMAN SEKARANG.

SEBAGIAN ORANG YAHUDI BERIMAN KEPADA HARI KEBANGKITAN, MEREKA DINAMAKAN DENGAN KELOMPOK (KATABAH). SEDANG KELOMPOK LAIN YAITU (AS-SHADUQIYUN) TIDAK BERIMAN KEPADA HARI KEBANGKITAN DAN KEKEKALAN DISURGA ATAU NERAKA. INJIL MATEUS MENYEBUTKAN BAHWA ORANG-ORANG YANG MENDUSTAKAN HARI KIAMAT:”PADA HARI ITU DATANG KEPADA ISA DAN MENDEBATNYA TENTANG HARI KIAMAT:”PADA HARI ITU DATANG KEPADANYA ORANG-ORANG SHADUQIYUN YANG MENGATAKAN TIDAK ADA HARI KIAMAT,” DAN ISA MENJAWAB PERTANYAAN SALAH SATU MURIDNYA YANG MENGATAKAN:” APAKAH JASAD KAMI AKAN PERGI KE SURGA?”  ISA BERKATA PADANYA:” HATI-HATI WAHAI PETRUS,JANGAN SAMPAI ENGKAU MENJADI (SHADUQI)KARENA ORANG-ORANG SHADUQI MENGATAKAN BAHWA JASAD TIDAK BANGUN JUGA,DAN BAHWA MALAIKAT TIDAK ADA,OLEH KARENA ITU JASAD DAN ROH MEREKA HARAM MASUK SURGA.

ORANG-ORANG NASRANI BERKEYAKINAN BAHWA YANG DIBERI NI’MAT DAN SIKSA PADA HARI KIAMAT HANYA ROH SAJA.ORANG-ORANG YANG MENISBATKAN DIRINYA PADA ISLAM DARI PARA FILOSUF DAN GOLONGAN-GOLONGAN BATHINIYAH YANG SESAT JUGA BERPENDAPAT SEPERTI MEREKA.
[Di jelaskan dalam kitab Aqidah Islam menurut Al-Qur’an dan Hadits,bab 6 hal: 108-118 oleh Dr Umar Sulaiman al-Asyqar]

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
♥ღϠ₡ღ♥ Semogah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa,....wabillahi taufik wal hidayah,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥








0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami