Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*************AL MULTAZAM************

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 02.24

                                                                      
oleh Ummu Marwah pada 25 Agustus 2010












Al Multazam merupakan sisi antara dua sudut hajar aswad dan pintu Ka'bah.Diriwayatkan bahwa Mujahid berkata;"Area antara sudut dengan pintu Ka'bah adalah Al Multazam.Barang siapa yang berdoa kepada ALLAH di Al Multazam.Maka ALLAH akan mengabulkan do'annya". (1) Diriwayatkan bahwa Abdullah bin Abbas senantiasa menetap di antara sudut dan pintu Ka'bah,dan berkata;"Area antara sudut pintu Ka'bah dinamakan Al Multazam;tidak ada seorangpun yang berada di sana meminta kepada ALLAH sesuatu,kecuali hal itu akan diberikan kepadanya".(2).Ibnu AL Qayyim berkata mengenai berdirinya Rasulullah untuk berdo'a di Al Multazam;"Diriwayatkan bahwa beliau melakukannya pada hari penaklukan kota Mekkah".


Dalam sunan Abu Daud diriwayatkan bahwa Abdurrahman bin Abu Shafwan berkata;""saat Rasulullah menaklukan kota Mekkah,aku keluar dan melihat Rasulullah dan para sahabat2nya keluar Ka'bah.Mereka menyentuh sudut dari pintu Ka'bah sampai ke Hatim (ruangan antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah),menempelkan pipi mereka ke Ka'bah,dan Rasulullah berada di tengah2 mereka." (3). Abu Daud juga meriwayatkan dari Amr bin Shu'aib,dari bapakanya,dari kakeknya,ia berkata;"Aku melakukan thawaf dengan Abdullah dan saat ia sejajar dengan bagian belakang Ka'bah,aku berkata:"Tidakkah engkau meminta perlindungan kepada ALLAH ."Ia berkata:"Kami meminta perlindungan kepada ALLAH dari apai neraka ".Kemudian ia berjalan sampai menujuh Hajar Aswad,lalu ia berdiri di antara dua sudut dan pintu Ka'bah,meletakan dada,muka dan dahinya seperti ini (membentangkan tubuhnya),ia berkata,"Aku melihat Rasulullah melakukan hal ini".(1) Hal ini dapat di lakukan saat Thawaf Wada' (Tawaf perpisahan) dan berdo'a kepada ALLAH.(2) ..Banyak hadits yang meriwayatkan,bahwa para sahabat biasa mendekapkan tubuh mereka ke Al multazam dan berdo'a di sana.


Diriwayatkan bahwa Abu Az-Zubair berkata:"Aku melihat Thawus meminta tolong kepada ALLAH antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah". (3)..


Utsman bin Al Aswad berkata bahwa Mujahid melihat seseorang yang berada diantara pintu Ka'bah dan Rukun,lalu ia mendorong punggunya-atau bagian belakangnya,dan berkata:"Ilzam,Ilzam (dekapan,dekapan)".(4) Marwan berkata dalam hadits,Mujahid berkata :"Dinding antara Rukun dan Pintu dinamakan Al Multazam,dan sangat jarang jika ALLAH diminta sesuatu di sana atau memohon pertolongan kepada-Nya dari sesuatu,dan Ia tidak mengabulkanya".(5)..***********************(1)Hadits hasan.Diriwayatkan Al Azraqi dalam Tarikh Mekkah jilid 2 no.368..(2)Haidts hasan .Diriwayatkan oleh Al Baihaqai dalam Al Kubra jilid 5 no.164...(3).Diriwayatkan oleh Abu Daud no. 1898. Sanadnya termasuk Yazid bin Ziyad Al Hashimi yang di nilai dhaif,tetapi selain ia para perawinya tsiqah;beberapa riwayat saat digabung menjadikannya kuat...(1).Diriwayatkan oleh Abu Daud no. 1899;Sanadnya termasuk Al Mustanna bin as Sabah yang dinilai dhaif tetapi dikuatkan oleh riwayat sebelumya. (2).Zadul Ma'ad jilid 2 hal. 218....(3)..Akhbar Mekkah oleh Al Fakihi hal.233.Hadits hasan...(4)Akbar Mekkah oleh Al Fakihi hal.232....(5) Hadits shahih.Diriwayatkan oleh Abdur Razzaq jilid 2 hal.76.................Semoggah manfaat.........Barakallahu fikum.............Salam ukhuwah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami