Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

****KEAGUNGNGAN AL-QUR'AN KARIM****

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 08.01


oleh Ummu Marwah pada 26 September 2010










*****AL HAQ (KEBENARAN )*****

ALLAH menamakan Al-Qur'an dengan Al Haq di beberapa tempat dalam kitab-Nya (Al-Qur'an),kita ambil beberapa ayat yang berhubungan dengan tema ini,yaitu;

a. Firman ALLAH:

"DAN SESUNGGUHNYA AL-QUR'AN ITU BENAR-BENAR KEBENARAN YANG DIYAKINI." ....(QS.Al- Haaqqah:51 ).

Maksudnya;dan sesungguhnya Al-Qur'an itu datang dari sisi ALLAH adalah haq (benar),tiada kekuatan yang membuat kita berada dalam keraguan,dan tak ada jalan yang bisa menghantarkan kita kepada kebimbangan." ( Kitab.Fathul Qadir,Asy Syaukani, 5/401.)

b.ALLAH berfirman: "SEBENARNYA KAMI MELONTARKAN YANG HAQ KEPADA YANG BATIL,LALU YANG HAQ ITU MENGHANCURKANNYA,MAKA DENGAN SERTA MERTA YANG BATIL ITU LENYAP.".....(QS.Al-Anbiyaa;18 ).

Al Wahidi rahimahullah berkata, "Kami lontarkan (serangan) dengan Al-Qur'an untuk mematahkan kebatilan mereka." ( dalam kitab.Tafsir Al Wahidi,2/713.)

Al Qadzfu adalah sinonim kata Ar Ramyu,maksudnya;Kami melemparkan kebatilan mereka dengan kebenaran.Fayadmaghuhu, artinya; mengalahkan dan membinasakannya."Asal arti" Al Damghu" adalah melukai kepala hingga sampai tembus ke otak. Dan "Al Haq" maksudnya adalah Al-Qur'an,sedangkan "Al Batil " adalah syaitan,kata Mujahid." ( dalam kitab.Tafsir Al Qurtubi,11/295.)

ALLAH berfirman:"DAN KAUMMU (MUHAMMAD) MENDUSTAKANNYA,PADAHAL DIA BENAR ADANYA.KATAKANLAH: "AKU INI BUKANLAH ORANG YANG DISERAHI MENGURUS URUSANMU."......(QS.Al An'aam :66 ).

Berkata Atsa'albi,kembali pada Al-Qur'an yang di dalamnya terdapat pendustaan terhadap ayat-ayatnya (kaum musyrikin ).

As Suddi berkata, "Dan inilah makna yang tepat." ( dalam kitab.Tafsir Atsa'alabi,1/529 ).

Dan firman-Nya "Pada hal dia benar adanya," termasuk dalam kategori kalimat sanggahan,yang berisi kesaksian ALLAH Bahwasanya Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi yang mulia (Muhammad) adalah benar dari sisi ALLAH.

Dan makna "Dan kaummu (Muhammad ) mendustakannya "yakni Al-Qur'an yang engkau bawa bersamammu,juga petujuk dan keterangan yang nyata. "Kaummu", yakni Quraisy."Padahal dia benar adanya",yakni tiada dibelakangnya kebenaran yang lain.

"KATAKANLAH":"Aku ini bukanlah orang yang diserahi mengurus urusanmu,"aku bukanlah orang yang bertugas menjagamu,dan aku tidak pula diserahi untuk menjadi wakilmu." ( dalam kitab.Tafsir Ibnu Katsir, 3/315 ).

d. Firman ALLAH;"DAN BARANG SIAPA DI ANTARA MEREKA (orang-orang Quraisy )DAN SEKUTU-SEKUTUNYA YANG KAFIR KEPADANYA (AL-QUR'AN ),MAKA NERAKALAH TEMPAT YANG DIANCAMKAN BAGINYA.KARENA ITU JANGANLAH KAMU RAGU-RAGU TERHADAP AL-QUR'AN ITU.SESUNGGUHNYA IA (AL-QUR'AN )ITU BENAR-BENAR DARI TUHANMU,TETAPI KEBANYAKAN MANUSIA TIDAK BERIMAN." ....(QS. Huud ; 17 ).

Firman-Nya " Dan barangsiapa di antara mereka yang kafir kepadanya,"yakni kafir dengan AL-Qur'an dan tidak membenarkan bukti-bukti nyata yang mereka lihat.

Dan firman-Nya"Karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al-Qur'an itu,"yakni ragu-ragu tentang kebenaran Al-Qur'an dan bahwasanya ia benar-benar diturunkan dari sisi ALLAH. ( dalam kitab.Tafsir Abu As Su'ud,4/195 ).

Didalam nya juga tersirat suatu sindiran kepada selain Nabi,karena sesungguhnya beliau seorang yang ma'shum (terjaga dari dosa ) dari keragu-raguan terhadap Al-Qur'an. ..(dalam kitab.Fathul Qadir,Asy Syaukani,2/488.)

Dan firman-Nya "Sesungguhnya ia itu benar-benar dari Tuhanmu,yakni Al-Qur'an adalah benar dari sisi ALLAH,tiada keraguan dan kebimbangan sedikitpun di dalamnya,sebagaimana dalam firman-Nya yang lain:

"ALIF LAAM MIIM,TURUNNYA AL-QUR'AN YANG TIDAK ADA KERAGUAN PADANYA,ADALAH DARI TUHAN SEMESTA ALAM".....(QS.As-sajdah; 1-2.) Dan juga firman-Nya: "ALIF LAAM MIIM, KITAB (AL-QUR'AN ) INI TIDAK ADA KERAGUAN PADANYA." .....(QS.Al-Baqarah: 1-2 ).Dan definisi "Al Haq " guna membatasi jenis kebenaran pada Al-Qur;an. Yaitu pembatasan yang mengambarkan kesempurnaan jenis Al-Haq yang didalamnya,sehingga seakan-akan tidak ada kebenaran lagi selainnya".,,,(Dalam kitab At Tahirir wat Tanwir,11/227 ).

Dalam firman-Nya "Tetapi kebanyakan manusia tidak banyak beriman,"tidak beriman, disebabkan karena kebodohan dan juga karena kesesatan mereka,dan bisa karena kezaliman,keingkaran dan kedurhakaan mereka.Hal yang demikian itu karena siapa yang memiliki niat yang baik dan pemahaman yang lurus,pasti dia beriman dengannya.Sebab dia melihat bukti-bukti yang menariknya untuk beriman dari semua sudut.,,,( Kitab. Tafsir As Sa'dy, 2/359.).

e.Firman ALLAH :"KATAKANLAH: "SESUNGGUHNYA TUHANKU MEWAHYUKAN KEBENARAN.DIA MAHA MENGETAHUI SEGALA YANG GHAIB.,KATAKANLAH;"KEBENARAN TELAH DATANG DAN YANG BATHIL ITU TIDAK AKAN MEMULAI DAN TIDAK (PULA) AKAN MENGULANGI"....(QS.Saba; 48-49 ).

Kata Al-Qadzfu artinya; melempar dengan anak panah,tongkat dan kata-kata. Maksudnya; Dia datangkan dengan kebenaran dan wahyu yang Dia turunkan dari langit,selanjutnya diberikan kepada para nabi-Nya.,...(Kitab. Tafsir Al Baghawi,3/562-563.)

Dalam firman-Nya Katakanlah: "Kebenaran telah datang ", maksudnya agama Islam dan Al-Qur'an".,... (Dalam Kitab- Zaadul Masiir, 6/466 ).

Kebenaran yang telah dilontarkan ALLAH yang Maha Mengetahui segala yang ghaib.Dilemparkan dengan ilmu,dan menuju sasaran atas dasar ilmu.Tiada yang dapat bersembunyi darinya,dan luput dari sasarannya. Jalan ALLAH itu tampak jelas di depan mata,tiada dinding yang menghalangi.",.....(Dalam kitab-Fii dzilalil Qur'an, 5/2915.)

Dari penanaman Al-Qur'an Al Karim dengan Al haq,terlihat dengan jelas keagungannya dan kedudukannya yang tinggi.

Maka manusia wajib mengimani Al Haq ini (Al-Qur'an )dan menyambut seruannya.Karena ia bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Mulia.Tiada kebenaran selain kebenarannya.Juga merupakan sindiran terhadap kitab-kitab samawi yang telah menyimpang,karena telah tercampurnya kebenaran dan kebathilan.*********************Insyaallah bermanfaat buat kita semua."Semoggah ALLAH SWT memberikan taufik dan hidayah-Nya buat kita semua dlm keridhaan-Nya..Amin Ya Rabbal Alamin....Ass wr wb..........Salam ukhuwah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami