Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*****ORANG-ORANG YANG MENDUSTAKAN HARI KIAMAT***

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 23.19

 
Oleh Ummu Marwah 25 Mei 2011











((Bismillahirrahmanirrahim))

==================

Banyak orang yang mendustakan hari kebangkitan dari dulu sampai sekarang,dan sebagian yang mempercayainya mengambarkan dengan gambaran yang berbeda dengan apa yang diberitakan oleh para Rasul.

AL-QUR’AN telah menyebutkan perkataan orang-orang yang mendustakan,mencaci mereka,mengkafirkan dan mengancam mereka. ALLAH berfirman::> (QS.AR-RA’D :5)

Dan juga firman-Nya yg lain menyebutkan::> (QS.AL-AN’AM: 29-30 )

:::> (QS.AL-ISRA : 49-51 )



Dan masih banyak lagi nash-nash lain yang berkaitan dengan hari kebangkitan.

Ibnu Taimiyah telah menjelaskan macam-macam orang yang mendustakan hari kebangkitan,baik itu orang YAHUDI,NASRANI,AS SHA’IBAH,FILOSUF,DAN ORANG-ORANG MUNAFIK DARI UMAT INI.

Beliau berkata:”Orang-orang kafir dari golongan Yahudi dan Nasrani mengingkari adanya makan dan minum juga menikah disurga.Mereka mengatakan bahwa penghuni surga hanya bersenang-senang dengan suara-suara yang merdu,roh-roh yang baik bersama kenikmatan yang diberikan kepada roh.

Bersamaan dengan itu mereka mengakui dikumpulkannya jasad dengan roh,kenikmatan dan azabnya. Adapun kelompok kafir lain,seperti sha’ibah,filosuf dan yang sependapat dengan mereka mengakui dibangkitkanya roh saja,dan bahwa kenikmatan dan azab hanya pada roh.Kelompok kafir lain dan orang-orang musyrik sangat mengingkari hari kiamat.Mereka tidak mengakui kembalinya roh,juga jasad.ALLAH telah menjelaskan dalam kitab-Nya atas lisan Rasulnya masalah kembalinya roh dan jasad, dan membantah orang-orang kafir dan orang-orang yang mengingkari hal tersebut dengan penjelasan yang sangat sempurna.

Adapun orang-orang munafik dari umat ini yang tidak mengakui lafadz-lafadz AL-QUR’AN dan Hadits yang masyhur,mereka mengubah kata-kata dari yang semestinya.Mereka mengatakan itu adalah perumpamaan yang dibuat agar kita memahami kembalinya roh. Mereka seperti qaramithah bathiniyah yang pendapat mereka gabungkan dari pendapat majusi dan sha’ibah. Seperti filosuf shaibah yang menisbatkan diri kepada Islam,dan golongan yang berpendapat seperti mereka orang yang mengaku dokter,ahli kalam,orang sufi,seperti penulis (rasail ikhwan as shafa) dan lain-lain,atau munafik,mereka semua adalah kafir,wajib dibunuh sebagaimana kesepakatan orang-orang beriman.”

Di tempat lain beliau menyebutkan bahwa filosuf bathiniyah menafsirkan apa yang dijanjikan kepada manusia di akhirat dengan membuat perumpamaan-perumpamaan adalah untuk memahamkan apa yang dialami roh setelah mati,dari kesenangan dan kesengsaraan,bukan untuk menetapkan hakikat-hakikat nyata,di mana yang merasa nikmat atau sengsara. [di jelaskan dalam kitab; Majmu ‘Fatawa Syaikh al Islam: 5/31 ]



Perkataan mereka pada hakekatnya adalah ALLAH tidak jujur dalam memberi tauh hakikat-hakikat di hari kiamat,begitu pula Rasulullah.Oleh karena itu,Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah menamakan kelompok para filosuf yang pendapatnya bertentangan dengan apa yang disepakati umat islam tentang hari kiamat dengan (ahli takhyiil).Beliau berkata tentang mereka:Ahlul Thakhyiil adalah para filosuf dan mengikuti jejak mereka,baik ahli kalam,orang sufi dan yang mengaku pintar.Mereka mengatakan apa yang disebut Rasulullah bahwa masalah iman kepada ALLAH dan hari akhir hanyalah merupakan penghayalan bagi hakikat-hakikat agar dipahami oleh orang banyak,bukan untuk menjelaskan kebenaran atau menerangkan yang sebenarnya kepada makhluk,dan tidak pula menjelaskan suatu yang menjadi kenyataan.”



Kita bisa mengelompokkan para pendusta hari kebangkitan menjadi tiga kelompok:::

===============================================================

PERTAMA:::ORANG-ORANG ATHEIS YANG MENGINGKARI ADANYA PENCIPTA,MEREKA TERDIRI ATAS PARA FILOSUF DAHRIYAH DAN ORANG KOMUNIS PADA ZAMAN SEKARANG.MEREKA MENGINGKARI PENCPITAAN DARI SANG PENCIPTA,MENGINGKARI PENCIPTAAN PERTAMA DAN KEDUA,DAN MENGINGKARI ADANYA PENCIPTAAN SAMA SEKALI. DALAM MASALAH AKHIRAT MEREKA TIDAK PERLU DIAJAK DISKUSI DALAM HAL LAIN,AKAN TETAPI MEREKA DIAJAK DISKUSIH TENTANG ADANYA PENCIPTAAN DAN KEESAAN-NYA DULU,KEMUDIAN BARU MENETAPKAN MASALAH AKHIRAT.

KARENA IMAN KEPADA AKHIRAT MERUPAKAN KELANJUTAN DARI IMAN KEPADA ALLAH.



KEDUA:::ORANG-ORANG YANG MENGAKUI ADANYA PENCIPTA,AKAN TETAPI MEREKA MENDUSTAKAN HARI

KEBANGKITAN.

========================================================================

DIANTARA MERAKA ADALAH ORANG-ORANG ARAB YANG DIKATAKAN OLEH ALLAH:::> (QS.LUKMAN:25)

MEREKA YANG DIKATAKAN SEBAGAIMANA YANG DIKISAHKAN OLEH ALLAH:> (QS.AN-NAML : 67-68 )



MEREKA MENGAKU BERIMAN KEPADA ALLAH,AKAN TETAPI MEREKA MENGANGGAP BAHWA ALLAH TIDAK MAMPU MENGHIDUPKAN MEREKA SETELAH MEMATIKAN.MEREKALAH YANG DIBUATKAN PERUMPAMAAN OLEH ALLAH,ARGUMEN-ARGUMEN DAN DALIL-DALIL UNTUK MENJELASKAN KEKUASAAN ALLAH UNTUK MEMBANGKITKAN DAN MENGUMPULKAN.

DAN BAHWASANYA TIDAK ADA SESUATU APAPUN DI LUAR KEMAMPUAN ALLAH.DI ANTARA MEREKA ADALAH SEKELOMPOK ORANG YAHUDI YANG DISEBUTKAN DENGAN AS-SHADUQIYYIN.MEREKA MENGAKU BAHWA MEREKA TIDAK BERIMAN KECUALI KEPADA TAURAT MUSA.DAN MEREKA MENDUSTAKAN HARI KEBANGKITAN,MAHSYAR,SURGA DAN NERAKA.



KETIGA:::;MEREKA BERIMAN KEPADA HARI AKHIR TETAPI TIDAK SESUAI DENGAN YANG DIAJARKAN OLEH SYARI’AT-SYARI’AT AGAMA SAMAWI.

========================================================================

**DALIL-DALIL HARI KEBANGKITAN.**



Iman kepada hari akhir telah ditunjukkan oleh AL-QUR’AN Al-Karim dan Hadits-Hadits Nabi.Al-Qur’an seluruhnya dari Fatihah sampai akhir,penuh dengan dalil yang menyebutkan tentang keadaan hari akhir dan perincian apa yang ada padanya.Hal ini dikuatkan dengan kabar-kabar yang benar dan perumpamaan-perumpamaan yang dibuat untuk diambil pelajaran dan petunjuk.Selain menyebutkan dalil-dalil tentang hari kebangkitan,AL-QUR’AN membantah orang-orang yang mengingkarinya,dan menjelaskan dusta dan kebohongan mereka.

Fitrah yang sehat menunjukkan adanya kebenaran hari kebangkitan.Tidak benar yang dianggap orang-orang sesat bahwa akal menafikan terjadinya hari kebangkitan,sebab akal tidak menolak terjadinya.Para Nabi tidak membawa apa yang dianggap mustahil terjadinya oleh akal.Oleh karena itu,Ulama kita berkata::”SYARI’AT MEMBAWA HAL-HAL YANG TIDAK MEMBINGUNGKAN AKAL,DAN BUKAN YANG MUSTAHIL MENURUT AKAL.Oleh karena itu kami akan menyebutkan dalil-dalil tentang hari kebangkitan yang kami ambil dari AL-QUR’AN AL-KARIM.



::::Pemberitahuan Dari Yang Maha Mengetahui Tentang Terjadinya Hari Kiamat.::::

==========================================================

Dalil paling agung yang menunjukkan terjadinya hari akhirat adalah pemberitahuan ALLAH tentang hal itu.Barangsiapa yang beriman kepada ALLAH,mempercayai Rasul yang di utus-Nya dan Kitab yang diturunkan-NYa maka tidak ada alasan untuk tidak beriman kepada apa yang diberitahukan kepada kita tentang hari kebangkitan,perhitungan amal dan balasan,surga dan neraka.ALLAH telah menggunakan berbagai macam cara pemberithauan agar lebih diterima jiwa dan memantabkan hati.



1,,))ALLAH beberapa tempat memberitahukan kita tentang terjadinya hari tersebut dengan menggunakan huruf taukid/memperkuat (inna) atau (inna dan lam).



Sebagaimana firman-Nya::> (QS.THAHA; 15 )

::> (QS.AL-HIJR : 85 )

::> (QS.AL-AN’AM : 134)

::> (QS.AL-MURSALAT ; 7)



2,,)) ALLAH bersumpah tentang terjadi dan datangnya.



ALLAH berfirman::> (QS.AN-NISA :87 )

Dan bersumpah atas kepastian terjadinya dengan makhluknya yang dikehendaki seperti dalam firman-Nya::> (QS.ADZ-ZARIYAT : 1-6 )



Dan firman-Nya::> (QS.AT-THUUR : 1- 8 )



3,,,))ALLAH menyuruh Rasul-Nya bersumpah atas kepastian yang akan terjadi di hari

kebangkitan.Hal ini dalam rangka membantah orang-orang yang mendustakan dan mengingkari-



Nya,seperti firman-Nya;;> (QS.SABA :3 )



::> QS. YUNUS :53 )



::> (QS.AT-TAGHABUN : 7 )



4,,)) ALLAH mencela orang-orang yang mendustakan hari akhir.



Seperti firman-Nya::> (QS. YUNUS :45 )



::> (QS.AS-SYUURA:18)

Dan Firman-Nya:



::> (QS.AN-NAML:66)



5,,))Allah terkadang memuji orang-orang yang berfirman kepada hari akhir.



Sebagaimana firman-Nya:> (QS.AL-IMRAN:7-9)



Dan Firman-Nya:> (QS. AL-BAQARAH : 1- 5 )



::> (QS.AL-BAQARAH; 177 )



6,,))ALLAH Memberitahukan bahwa itu adalah janji yang benar dan berita yang pasti serta ketentuan yang tidak diragukan.



Sebagaimana firman-Nya::> (QS.HUD : 103-104 )



:::> (QS.LUKMAN : 33 )



::> (QS.SABA : 29-30 )



::> (QS.AZ-ZUKHRUF : 83 )



::> (QS.ADZ-DZARIYAT : 5)



7,,))ALLAH juga memberi tahu tentang kedatangan dan dekatnya.



Seperti disebutkan dalam firman-Nya::> (QS.AL-MA’ARIJ ;6-7 )



::> (QS.AN-NAHL: 1 )



::> (QS.AL-QAMAR : 1 )



8,,)) ALLAH dibeberapa tempat memuji diri-Nya,YANG MAHA KUASA MENGEMBALIKAN MAKHLUK SETELAH MEREKA MATI,DAN MENCELA TUHAN-TUHAN YANG DISEMBAH ORANG-ORANG MUSYRIK YANG TIDAK MAMPU MENCIPTAKAN DAN MENGEMBALIKANNYA.



Seperti dalam firman-Nya::> (QS.AL-FURQAN : 3 )



::> (QS.AN-NAML : 64 )



9,,)) ALLAH menjelaskan bahwa penciptaan dan kebangkitan yang tidak bias dilakukan oleh manusia adalah mudah bangi-Nya.



ALLAH berfirman::

KUBUR]ITU MELAINKAN HANYALAH SEPERTI [MENCIPTAKAN DAN MEMBANGKITKAN]SATU JIWA SAJA.>> (QS.LUKMAN : 28 )



::> (QS.AL-QIYAMAH : 3-4 )



(Love hurts for all brother & siste.)

-.▀██▀

──██────(▒)(▒)

──██───(▒)(♥)(▒)...

─▄██▄▄█─(▒)(▒)..

───.───▄███▄...

───.──███─███─(▒)(▒)

───.──▀██▄██▀(▒)(♥)(▒)

───.────███───(▒)(▒)

───.─────── ▀██─██▀

───.──────── ██─██─(▒)(▒)

───.──────── ▀█▄█▀(▒)(♥)(▒)

───.──────────▀───(▒)(▒)

───.────────────██▀▀▀█

───.──(▒)(▒)──────██▄█──(▒)(▒)

───.─(▒)(♥)(▒)─────██▀█─(▒)(♥)(▒)

───.──(▒)(▒)──────██▄▄▄█(▒)(▒)



▀██─.██▀─██──██──▀█▀▀█──▀▀██▀▀─▄▄▀▀▀

─██▅██──██──██───█▀▀█▄───██───▀▀─▄▄

▄██─.██▄─██▄▄██───█───█───██───▄▄▄▀▀

=================================================================

♥ღϠ₡ღ♥ Semoggah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa.....wabillahi taufik wal hidayah,,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami