Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***MANUSIA BELAJAR DARI HEWAN MENURUT AL-QUR'AN****

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 23.07

 
Oleh Ummu Marwah 1 Desember 2011











((Bismillahirrahmanirrahim))



Banyak orang-orang yang berakal belajar dari hewan ternak dengan beberapa hal yang berguna bagi kehidupan,akhlak,industri,peperangan,keteguhan juga kesabaran.



Petunjuk hewan melebihi petunjuk sebagian besar manusia.

ALLAH berfirman:> (QS AL-FURQAAN : 44 )



Abu Ja'far Al Baqir berkata: "Demi ALLAH,Dia tidak membatasi permisalan mereka dengan binatang ternak,sehingga menjadikan mereka lebih sesat dari pada bintang.

Oleh karena itu, di antara petunjuk betina dari bintang buas adalah ketika melahirkan anaknya,maka ia akan mengangkatnya ke atas udara selama beberapa hari untuk mencegahnya agar tidak digigit semut,dikarenakan ia melahirkannya seperti sepotong daging, ia takut bila digigit semut.

Dan ia tetap mengangkatnya,meletakannya dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain hingga kuat."

Ibnu Arabiy berkata bahwa seseorang bertanya kepada orang tua dari suku Quraisy:"Siapa yang mengajarimu ini semua,karena hal ini hanya diketahui oleh para pedagang dan pengusaha,?".. Orang itu menjawab:" ALLAH menjajariku seperti yang diajarkannya kepada burung merpati yang membolak-balikkan telurnya,sehingga seluruh sisi telur dapat merasakan kehangatan eramannya,dan juga karena takut bila kondisi tanah merusak telur bila terus menerus bersentuhan dengan salah satu sisinya.

Seseorang juga ditanya:" Siapa yang mengajarimu berkeras hati dan bersabar untuk suatu kebutuhan bahkan dengan perlawanan hingga kebutuhanmu terpenuhi,?"...Ia menjawab:" Siapa yang mengajari kumbang,bila memanjat di dinding lalu jatuh,kemudian kembali memanjat dan jatuh beberapa kali,hingga akhirnya dapat memanjat."

Ditanya kepada seseorang: "Siapa yang mengajarimu bersegera keluar di pagi hari mencari kebutuhanmu dan tidak meninggalkannya,?"....Lalu ia menjawab:"Siapa yang mengajari burung yang keluar diwaktu pagi setiap harinya dengan perut yang dalam keadaan kosong untuk mencari makanan,di tempat yang dekat atau yang jauh,tidak putus asa dan tidak takut ada yang menghalanginya,baik di udara mau pun di darat."

Seseorang ditanya: 'Siapa yang mengajarimu diam tak bergerak,berjaga-jaga dan seperti orang mati hingga engkau berhasil mendapatakan kebutuhanmu (buruanmu),bila engkau mendapatnya engkau meloncatinya,sebagaimana singa melompati mangsanya,?" ... Ia menjawab: :Siapa yang mengajari (kucing) bermalam suntuk mengawasi lubang tikus,tidak bergerak dan tidak menengok,seperti (kucing)mati,sehingga ketika tikus itu muncul,ia langsung melompati dan menyergapnya seperti seekor singa,?".



Seseorang ditanya:"Siapa yang mengajarimu sabar,teguh,bertahan dan tidak bergerak,?"...Ia menjawab:"Siapa yang mengajari onta sabar terhadap beban dengan barang-barang berat yang dibawanya, dan bersabar dengan perjalanan serta kepayahan dan hardikan juga pukulan pemilik onta.Segala yang berat ada diatas punggungnya,derita lapar dan dahaga yang dirasakan perutnya,serta keletihan dan kesulitan yang memenuhi tubuhnya,semuanya itu tidak membuatnya kehilangan kesabaran.



Di tanyakan kepada seseorang:"Siapa yang mengajarimu mementingkan orang lain dan dan selalu memberi,?"....Ia menjawab:"Siapa yang mengajari ayam jantan ketika menemukan butiran makanan di tanah,di mana ia sangat membutuhkannya akan tetapi ia tidak memakannya,dan malah justru memanggil ayam-ayam yang lain dan meminta mereka untuk segera datang,hingga salah satunya datang untuk mematoknya.Sementara ia sendiri merasa senang dan gembira. Bila didepanya terdapat banyak biji-bijian,maka ia akan mengais-gaisnya ke sana ke mari,walaupun tidak ada ayam lain,karena memang tabiatnya adalah memberi dan berbuat baik.Ia memandang aib dan jelek bila ia menikmati makanannya sendirian."



Ketika seseorang ditanya:"Siapa yang mengajarimu mengunakan taktik ini untuk mencari rizki dengan berbagai macam cara,?"....ia menjawab:" Siapa yang mengajari musang menggunakan taktik-taktik yang tidak dapat dipikirkan dan dilakukan oleh orang yang berakal,dan contoh-contohnya sangat banyak untuk disebutkan."

Siapa yang mengajari singa,bila berjalan dan takut ada yang memburu dan mengikuti jejaknya, lalu ia menghapus jejak-jejaknya dengan ekornya. Siapa pula yang mengajarinya untuk datang kepada anaknya di hari ketiga kelahirannya,lalu meniup lubang hidung anaknya. Karena singa jantan datang dan melakukan hal itu.

Siapa yang memberikan ilham kepada singa terhormat dan tauh diri untuk tidak memakan kecuali mangsanya sendiri dan bila berjalan melewati mangsa singa lainnya, ia tidak mendekatinya walaupun ia dalam keadaan sangat lapar.

Siapa yang mengajari gajah betina bila waktu melahirkan sudah dekat,ia mendatangi air untuk melahirkan.Karena hewan-hewan lain tidak melahirkan kecuali dalam keadaan berdiri dan karena asal usul gajah itu berbeda dengan asal usul hewan lain.

Tubuh gajah tinggi dan khawatir bila anaknya jatuh ke atas tanah kemudian terbentur dan patah.Maka ia pun mendatangi air yang dangkal untuk melahirkan dan menjadikannya seperti kasur empuk dan bantal yang nyaman.

Siapa yang mengajari lalat bila terjatuh ke dalam air manisan maka ia berusaha berlindung dengan satu sayapnya yang mengandung penyakit dan tidak dengan sayap yang lain.

Siapa yang mengajari singa ketika melihat rusa,dapat mengetahui rusa yang sakit dan rusa yang tidak sakit,serta membedakan mana rusa jantan dan rusa betina.Kemudian menginginkan rusa jantan,pada hal ia tauh bahwa lawannya itu lebih kencang dan lebih jauh loncatnya,lalu membiarkan rusa betina,pada hal ia tauh rusa betina lebih lemah.

Karena ia tauh rusa jantan bila berlari satu dua langkah,maka ia tidak dapat kencing. Dan setiap hewan bila merasa sangat takut maka ia tidak dapat kencing.Dan demikian juga dengan rusa jantan tidak dapat kencing dengan langkah-langkahnya yang kencang,sehingga langkah-langkahnya semakin berkurang dan akan sangat mudah untuk diterkam.

Siapa yang mengajari singa,ketika salju menyelimuti tanah,lalu mengamati tempat yang saljunya tipis sehingga mudah longsor,lalu ia mengetahui bawahsanya terdapat lubang kelinci,kemudian ia menggali dan memangsanya,karena ia tauh bahwa panasnya tarikan -tarikan napas kelinci melelehkan beberapa bagian salju sehingga menipis.

Siapa yang mengajari serigala,bila tidur,ia menjadikan tidurnya bergilir antara matayang satu dengan mata yang lain.Sehingga ia tertidur dengan salah satu matanya,bila yang satunya mengantuk maka ia tidur dengan mata yang satu dan membuka mata yang lain. Sehingga sebagian orang Arab berkata: " Ia tidur dengan salah satu matanya dan berjaga-jaga dari kematian dengan mata yang satu.Sehingga ia bisa terjaga dan tertidur."

Siapa yang mengajari burung-burung,bila anaknya terjatuh,maka induknya segera minta tolong,sehingga tidak ada seekor burung pun yang ada didekatnya kecuali datang memberi pertolongan.Lalu semua terbang disekitar anak burung itu,menggerakkannya dengan gerakan -gerakan mereka,memberi kekuatan,semangat dan gerakan sehingga burung kecil itu dapat terbang bersama mereka.

Salah seorang pemburu berkata: "Mungkin saya melihat ada seekor burung di atas dinding,lalu aku menggerakkan tanganku,seakan-akan aku melemparnya,tetapi ia tidak terbang. Kemudian aku membungkuk ke tanah seakan-akan aku ingin mengambil sesuatu untuk melemparnya,tetapi burung itu tidak bergerak.Dan bila aku memegang batu kecil atau apa saja,burung itu langsung terbang,sebelum batu itu di angkat."

Siapa yang mengajari lubbab,sejenis laba-laba,yang menjatuhkan diri ke atas tanah,kemudian merapatkan tubuhnya,lalu melihat lalat seakan-akan ia tidak memperhatikannya dan selanjutnya melompatinya seperti lompat harimau.

Siapa yang mengajari laba-laba menganyam jaring-jaring yang berkualitas tinggi dan kokoh,membuat benang di bagian atas kemudian bergelantungan dengannya.Bila seekor lalat terperangkap para jaring tersebut,maka laba-laba segera menuju ke sasaran dan memangsanya.

Siapa yang mengajari rusa untuk tidak masuk ke dalam kandangnya yang terbuat dari pepohonan kecuali dengan cara mundur,agar matanya dapat memandang langsung apa-apa yang menakutkan bagi dirinya dan anaknya.

Siapa yang mengajari kucing jika melihat tikus diloteng,ia mengangkat kepalanya,bagaikan menunjuk kepada tikus ketika lalu lalang.Ia melakukan itu untuk mengejutkan dan menakut-nakutinya,sehingga tikusnya tergelincir dan jatuh.

Siapa yang mengajari hewan jerboa (marmut yaitu hewan kecil sejenis tikus,yang memiliki tangan pendek serta kaki dan ekor yang panjang )menggali rumahnya ditebing lembah yang agak tinggi dari tempat aliran air,agar terhindar dari longsor.Ia memperdalam galiannya dan dipinggir-pinggirnya dibuatkan pintu-pintu yang banyak.Kemudian membuat penghalang tipis diantara pintu-pintu itu dengan permukaan tanah.Bila dia merasa ada bahaya,ia akan membuka sebagiannya dengan sesuatu yang sangat mudah kemudian keluar dari sana.Karena hewan ini banyak lupa,maka ia membuat rumahnya dekat tumpukan atau batu besar sebagai tanda untuk mengetahui rumahnya apabila dia tersesat dijalan.

Siapa yang mengajari harimau bila tubuhnya kelebihan lemak,maka ia akan bersembunyi,karena sulit untuk bergerak.Setelah lemak itu hilang baru dia muncul kembali.

Siapa yang mengajari hewan rusa,bila tanduknya jatuh,maka ia kemudian bersembunyi,karena senjatanya hilang,sehingga ia menjadi gemuk.Bila pertumbuhan tanduknya sudah sempurna,maka ia akan menjemur diri agar terkena sinar matahari dan angin.Ia juga akan banyak bergerak supaya dagingnya kembali kencang dan kekar dan lemak yang menghalanginya, untuk menerjang bisa hilang.



Bab ini sangat luas sekali,cukuplah kita merenungi firman ALLAH:> (QS AL-AN-AAM : 38-39 )



ALLAH berfirman juga:> (QS. AN-NUUR ; 41 )



DAN FIRMAN ALLAH YG LAIN JUGA MENYEBUTKAN:> (QS. AL-HAJJ : 18)

((Semoggah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa.....wabillahi taufik wal hidayah,,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.))

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami