Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*******PARA RASUL TERJAGA/TERPELIHARA.(MA'SHUM )*******

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 11.09



oleh Ummu Marwah pada 27 November 2010












>> (QS.Al-Khafi: 1- 2 )





Apakah para rasul terjaga dari kesalahan dan maksiat, dan apakah itu adalah penjagaan secara umum dan menyeluruh,? Ini yang akan kami jelaskan dalam pasal ini.

1.:)MA'SHUM DALAM MENGEMBAN DAN MENYAMPAIKAN RISALAH.

Umat telah sepakat bahwasanya para Rasul Ma'shum dalam mengemban risalah,..).Dalam hal ini telah dinukil ijma' lebih dari satu, lihat.kitab Majmu'Fatawa 10/291,Lawami'al Anwar al Bahiyah: (2/304 ).

Maka mereka tidak lupa sama sekali apa yang telah di wahyukan oleh ALLAH kepada mereka,kecuali sesuatu yang mansukh,dan ALLAH telah menjamin bagi Rasul-Nya untuk membacakannya maka ia tidak lupa sama sekali apa yang telah diwahyukan kepadanya,kecuali hal yang dikehendaki oleh ALLAH untuk dilupakan atasnya seperti dalam firman-Nya:>> (QS.Al-A'la: 6-7 ).

Dan ALLAH telah menjamin baginya untuk dihimpunkan di dadanya: >> (QS.Al-Qiyammah: 16-18 ).

Mereka juga ma'shum (terpelihara) dalam menyampaikan,dan para Rasul tidak menyembunyikan sesuatu yang diwahyukan ALLAH kepada mereka,hal ini oleh karena menyembunyikan adalah khianat,dan sangat mustahil rasul berbuat demikian,ALLAH berfirman:>> (QS.Al-Maidah : 67 ).

Kalau tidak terjadi penyembunyian atau perubahan,niscaya ALLAH tidak mewahyukan kepadanya,karena siksa ALLAH akan menimpa orang yang menyembunyikan dan mengubah..ALLAH berfirman:>> (QS.Al-Haaqah: 44-46 ).

Termasuk ma'shum juga bahwa mereka tidak lupa sedikit pun apa yang diwahyukan oleh ALLAH kepada mereka,dengan demikian,tidak ada wahyu yang hilang sedikit pun,dan tidak lupa dalam menyampaikan termasuk dalam firman ALLAH:>> (QS.Al-A'laa : 6 )

Dan di antara yang menunjukkan ma'shumnya dalam menyampaikan adalah firman ALLAH: >> (QS.An-Najm: 3-4 ).

**RASULULLAH DIJAGA DARI PEMBUNUHAN**

ALLAH menjaga Rasul-Nya dari pembunuhan sehingga beliau menyampaikan risalah Tuhannya,sebagaimana Firman-Nya:>> (QS.Al-Maidah: 67.)

Sufyan ats-Tsauri berkata sebagaimana dinukilkan oleh Ibnu Katsir dalam penafsiran ayat tersebut:

Orang Yahudi memasang racun pada kambing panggang yang dihadiakan oleh seorang wanita Yahudi kepada Rasulullah untuk membunuhnya,ketika Nabi menanyakan mengapa mereka melakukan hal tersebut,mereka berkata: "Kami ingin kalau engkau adalah pembohong,kami ingin bebas darimu,dan kalau engkau jujur niscaya tidak akan membahayakanmu." (HR.Bukhari ).Dan tatkala beliau bertanya kepada wanita tersebut ia berkata: "Aku ingin membunuhmu,"Beliau berkata: > (HR.Bukhari,Muslim dan Abu Daud )

ALLAH telah menjaga Rasul-Nya hingga tidak terbunuh oleh racun tersebut,dan sebagian sahabat yang ikut memakan bersama beliau telah mati diakibatkan racun tersebut.Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits-hadits yang memuat kisah kejadiannya.

**RASULULLAH DIJAGA DARI GANGGUAN SETAN**

ALLAH menjaga Rasul-Nya dari setan,dan ALLAH telah menolong Rasul-Nya atas setan yang bersamanya maka ia masuk Islam.maka ia tidak menyuruh kecuali yang baik,dalam shahih Muslim dari Abdullah bin Mas'ud beliau berkata: Rasulullah bersabda :> mereka berkata : "Dan engkau juga,? ".... Beliau berkata: > Dalam hadits Aisyah bahwa beliau menamakan jin yang menyertainya dengan setan.>> (HR.Muslim ).

2..:) TIDAK MA'SHUM (terjaga ) DARI SIFAT KEMANUSIAAN SEPERTI TAKUT DAN LUPA.

Sifat-sifat kemanusiaan seperti takut,marah,lupa terjadi pada para Rasul dan para Nabi,dan tidak menafikan kema'shuman mereka,banyak contohnya dalam Al-Qur'an maupun Hadits,di antaranya:

a..)Nabi Ibrahim takut kepada tamunya.

Nabi Ibrahim merasa takut ketika melihat tangan tamunya tidak terjamah makanan yang dihidangkan kepada mereka,dan ia tidak tauh kalau mereka adalah malaikat yang menyerupai manusia,seperti dalam firman-Nya:>> (QS.Hud : 70.)

b..)Nabi Musa tidak sabar atas perbuatan hamba yang shaleh.

Nabi Musa berjanji kepada Khidir untuk sabar dalam menemaninya, ia tidak akan menanyakan sesuatu yang dilakukan oleh hamba yang shaleh hingga ia menerangkannya kepadannya,akan tetapi ia tidak bisa menahan diri,sebab ia melihat perbuatan yang aneh,maka setiap kali pula ia bertanya,menentang atau mengarahkan.Dan untuk kali pertama Musa lupa dan kali kedua serta ketiga ia sengaja.Oleh karenanya setiap kali juga hamba yang shaleh mengingatkannya dan berkata: >> (QS.Al-Kahfi: 75 ).

Ketika ia membuka rahasia perbuatannya, ia berkata :>> (QS.Al-Kahfi ; 82 ).

c..) Sikap Nabi Musa ketika melihat kaumnya menyembah anak sapi.

Musa sangat marah sekali,ia memegang kepala saudaranya dan menariknya,dan ia melemparkan lembaran-lembaran yang didalamnya berisi petunjuk, diwaktu kembali kepada kaumnya setelah genap miqat Tuhannya,ternyata ia mendapatkan meraka menyembah anak sapi, sebagaimana di jelaskan dalam firman-Nya:>> (QS.Al-A'raf: 150.)

d..)Adam Lupa dan Ingkar.

Termasuk di antaranya adalah Nabi Adam,lupa dan ingkar. Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah bersabda : > (HR.Tirmidzi ).

e..)Nabi kita lupa ketika shalat Dhuhur dua rakaat.

Termasuk juga lupanya Rasulullah pada selain menyampaikan,dan pada selain masalah mensyariatkan, di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh Ibnu Sirin dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah shalat mengimani kami salah satu shalat sore, (Dhuhur) dijelaskan dalam kitab Nail al Authar : 3/115.

Beliau shalat dua raka'at,kemudian salam,lalu berdiri menuju kayu yang terbentang di masjid,beliau bersandar padanya sepertinya sedang marah,beliau meletakkan tangan kananya di atas tangan kirinya, dan menggabungkan jari-jarinya,dan meletakkan pipi kanannya di atas tangan kirinya,orang-orang cepat keluar dari pintu masjid,mereka berkata: "Shalat telah diqashar, bersama kaum ada Abu bakar dan Umar,keduanya segan untuk berbicara.

Ada juga seseorang yang dikenal dengan Dzul Yadaini, ia berkata: "Wahai Rasulullah, apakah engkau lupa dan shalat tidak di qashar,?"..Beliau berkata:"Aku tidak lupa dan shalat tidak diqashar," beliau berkata: benarkah yang dikatakan Dzul Yadain,?...Sahabat berkata: "Ya, maka Rasulullah maju dan shalat yang ditinggalkan kemudian salam,kemudian bertakbir,kemudian mereka bertanya kepadanya,kemudian salam, ia berkata: "Aku diberitahu bahwa Imran bin Husain berkata: Kemudian salam.>>> (Muttafaq alaihi ).

Dalam riwayat Muslim tidak ada keterangan meletakkan tangan di atas tangan,dan tidak juga menggenggam jari-jarinya.

Dalam riwayat lain,ia berkata: "Ketika aku shalat bersama Nabi shalat Dhuhur,beliau salam setelah dua rakaat,maka seseorang dari bani Sulaim berdiri dan berkata: "Wahai Rasulullah,apakah shalat diqashar atau anda lupa,?" lalu melanjutkan hadits,diriwayatkan oleh Ahmad dan Muslim.

Ini menjunjukkan bahwa kisah tersebut terjadi dihadapannya dan setelah Islamnya.Dan dalam riwayat muttafaq alaih,ketika berkata: "Aku tidak lupa dan tidak diqashar," ia berkata: "Benar, engkau telah lupa" ini menunjukkan bahwa Dzul Yadain berbicara bukan menjawab pertanyaan,setelah tauh tidak ada nasakh. = arti Nasakh adalah:"menghapus hukum yang terdahulu dan menggantikannya dengan hukum yang baru."(Nash hadits di atas dengan beberapa riwayatnya kami nukil dari kitab Muntaqal Akhbar karangan Ibnu Taimiyah,lihat.Syarahnya Nail al Aluthar: 3/114 ).

Rasulullah telah menyatakan bahwa beliau menglami lupa, sebagaimana kebiasaan manusia,dalam hadits Ibnu Mas'ud dari Nabi bersabda:> (HR.Jama'ah kecuali Tirmidzi.) Beliau berkata demikian setelah lupa pada salah satu shalat.Adapaun hadits yang diriwayatkan dengan lafaz: > tidak boleh bertentangan dengan hadits di atas,karena hadits ini sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar-tidak ada asal usulnya,itu dari berlebihannya Malik yang tidak ditemukan bersambung sanadnya setelah diteliti. (lihat kitab.Nail al Authar: 3/117 ).

********************Sekian dulu topiknya di sambung dengan penjelasan" ma'shum dalam mencapai kebenaran dalam memutuskan perkara",semoggah bermanfaat.*************WABILLAHI TAUFIK WAL HIDAYAH,WASSALAMU'ALAIKUM WA RROHMATULLAHI WA BAROKAATUH........Salam ukhuwah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami