Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*********KEAGUNGAN TASYRI' (HUKUM ) QUR'AN*********

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 08.17


oleh Ummu Marwah pada 30 September 2010









**YANG TERDIRI DARI TIGA BAHASAN YAITU;**

1.) TASYRI' QUR'ANI BERSIFAT KOMPERHENSIF

2.)TASYRI' QUR'AN BERSIFAT KEKAL ABADI

3.)TASYRI' QUR'AN BERSIFAT ADIL

Perbendaharaan AL-QUR'AN bukan hanya terbatas pada ruang lingkup akidah yang shahih dan menegaskan Sang khaliq yang Maha Mulia,tetapi mengajarkan pula mengenai pendidikan akhlak,intelektual dan mental,jujur dalam bermu'alamah dan merealisasikan prinsip-prinsip keadilan.

AL-QUR'AN AL Karim itu berisi berbagai macam perintah yang dibebankan kepada kaum muslimin,seperti ibadah mahdhah (khusus ),ibadah harta,badan,dan sosial.Ibadah-ibadah tersebut dibebankan setelah beriman kepada ALLAH yang merupakan pokok dasar islam.

AL-QUR'AN AL Adzim itu terdiri dari 6236 (enam ribu dua ratus tiga puluh enam )ayat,yang merinci persoalan ibadah,akidah,taklif dan dasar hukum,mu'amalah,hubungan antar umat dan negara,baik dalam kondisi damai maupun perang,politik negara,menegakkan keadilan,keadilan sosial,solidaritas sosial dan setiap hal yang berkaitan dengan pembinaan masyarakat dan membentuk kepribadian muslim yang sempurna,baik dari segi akhlak,tata krama maupun ilmu pengetahuan.

Sesungguhnya AL-QUR'AN AL Adzim datang dengan membawa syari'at yang adil,yang terdiri dari hukum-hukum yang universal dan prinsip-prinsip dasar umum,dan semua cabang syari'at.Maha Benar ALLAH yang berfirman;

Dan juga firman-Nya;

Sesungguhnya AL-QUR'AN AL 'Adzim dengan pasti adalah manhaj (jalan hidup ) yang lengkap dan komprehensif.Ia datang dengan membawa hukum syari'at yang universal,dan juga prinsip dasar ibadah,mu'amalah,keluargga,warisan,tindak pidana,hudud (hukum ketentuan ALLAH ) dan undang-undang negara.

Contoh ayat*** yang berbicara masalah ekonomi dan mu'amalah adalah firman ALLAH; >> (QS.An Nisaa ; 5 ).

Contoh ayat*** yang berbicara masalah hukum perdata (sipil) adalah firman ALLAH; >> (Qs. Al-Baqarah ;233.)

Contoh ayat*** yang membicarakan tentang masalah warisan adalah firman ALLAH;>> (QS.An Nisaa ; 7.)

Contoh ayat*** yang berbicara tentang masalah hukum pidana adalah firman ALLAH; >> (QS.Al-Maidah ; 45.)

Contoh ayat*** yang berbicara tentang masalah hudud adalah firman ALLAH;>> (QS.An Nuur; 4 ).

Contoh ayat*** yang membicarakan tentang masalah perdamaian adalah firman ALLAH;>> (QS.Al-Anfal ; 61 ).

Dan juga firman-Nya;>> (QS.Al-Anfal ; 58.)

Di antara contoh ayat yang berbicara tentang masalah pertahanan keamanan secara umum,adalah firman ALLAH;>> (QS.Al-Baqarah ; 190 ).

Dan di antara contoh ayat yang berbicara tentang hukum dan peradilan,adalah firman ALLAH;>> (QS.An Nisaa': 58-59.)

Sedang ayat-ayat yang membicarakan tentang masalah akhlak,tata krama dan budi pekerti tak terhitung jumlahnya,dan anda dapat merasakan didikannya dalam setiap ayat dari AL-QUR'AN.~~

DALAM BIADANG POLITIK KENEGARAAN,AL QUR'AN mengajak untuk menghidupkan syura (musyawarah),sebagaimana firman-Nya;

AL-QUR'AN juga menyeru untuk menghormati hak-hak asasi manusia dan membekali diri dengan segala hal yang dapat menjadikan penyebab kekuatan (kemuliaan )umat.

Pada tatanan akhlak, AL-QUR'AN menyeru untuk mengikhlaskan niat dan berpegang teguh pada nilai-nilai kebaikan dan kebenaran, bersandar pada adab-adab Islam baik secara individu maupun kelompok (jama'ah ),yang akan membawa manusia pada kesempurnaan dan peradaaban tinggi.

Pada tatanan sosial, AL-QUR'AN mengajak manusia untuk membina keluaragga yang komitmen kepada ajaran-ajaran agama, yang berdiri di atas pondasi cinta kasih sayang,kerukunan,ketulusan,penghargaan,kerjasama dan saling memahami antara pasutri (pasangan suami istri ),serta setiap anggota keluargga menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Pada ekonomi,AL-QUR'AN mengajak untuk mempraktekkan system bagi hasil (keuntungan dan manfaat ),dan menjadikan harta benda sebagai wasilah (sarana untuk meraih tujuan ) dan bukan untuk tujuan itu sendiri,serta menghormati hak kepemilikan individu.

Pada tatanan hukum,AL-QUR'AN menyeru untuk menerapakan hukum-hukumnya yang sempurna dan luas,yang ganbarannya tampak pada keluasan fiqih Islam.1) Tak terbantahkan bahwa pengajaran AL-QUR'AN dan syari'at-syari'atnya tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan lainnya,sebagaimana AL-QUR'AN itu merupakan mu'jizat dalam pengajarannya,maka ia pada saat yang sama menjadi mu'jizat dalam syari'atnya,...1)Bersama kitabullah,Ahmad Abdurrahim As Sayih,Majalah Universitas Islam Madinah,edisi; 40 Rabi'ul Awwal 1398 H;23-27.) Rangkuman karya Syaikh Mahmud bin Ahmad Bin Shalih Al Dosari adalah Da'i Resmi di kementrian Agama,wakaf,Dakwah dan Bimbingan Agama Islam,,Riyadh Saudi Arabia.,,,,,Semoggah manfaat ALLAH Azza wa Jalla memberikan taufik dan hidayah-Nya buat kita semua,..Amin Ya Mujiib,,,Insyaallah nanti di sambung lagi,......Ass wr wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami