Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

****GAMBARAN TENTANG NERAKA.*****

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 23.22

 
Oleh Ummu Marwah 28 Mei 2011











((Bismillahirrahmanirrahim))

==================

Neraka itu diawasi oleh para malaikat yang secara fisik mereka sangat besar dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.Mereka tidak pernah mendurhakai ALLAH yang menciptakan mereka.Dan mereka hanya melakukan apa-apa yang diperintahkan oleh ALLAH.

Sebagaimana firman-Nya:> (QS.AT-TAHRIIM :6 )



Jumlah malaikat yang menjaga neraka ada sembilan belas.

Sebagaimana firman ALLAH::> (AL-MUDDATSTSIR : 26-30)



Orang-orang kafir terkecoh dengan bilangan ini.Mereka menduga bahwa akan mudah mengalahkan mereka (malaikat) dengan jumlah yang sedikit ini.Mereka tidak menyadari,bahwa satu dari malaikat saja memiliki kekuatan yang dapat mengalahkan seluruh manusia.

Oleh karena itu,ALLAH melanjutkan ayat di atas dengan ayat berikut.::> (QS.AL-MUDDATSTSIR: 31)



Imam Ibnu Rajab berkata:"Yang dikenal di kalangan orang dulu dan orang sekarang adalah bahwa fitnah (cobaan) bagi orang kafir itu hanyalah datang dari sisi bilangan malaikat,yang mereka tertipu dengan jumlah sedikit itu.Mereka mengira bahwa mereka dapat menolaknya dan mempertahankan diri dari malaikat tersebut,yang tidak mungkin dikalahkan oleh seluruh manusia. [Lihat Kitab"TAKHWIF MIN AN NAR; 174]

Para malaikat tersebut dinamai oleh ALLAH dengan KHAZANAT JAHANNAM." Atau para juru kunci Jahannam.Sebagaimana firman-Nya::> (QS.ALMU'MIN :49)





[A].:::::Letak Neraka



Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan letaknya neraka pada saat sekarang. Sebagian mereka ada yang berpendapat neraka berada di lapisan bumi yang paling bawah. Sebagian yang lain mengatakan,ia ada di langit. Dan yang lain lagi bersikap tawakuf; tidak ingin memastikan. Pendapat yang terakhir ini adalah pendapat yang benar karena tidak adanya nash shahih yang tegas menjelaskan di mana letak neraka. Termasuk ulama yang bersikap tawakuf adalah Al Hafizh As Syuthy. Ia berkata:”Anda (hendaknya) bersikaf tawaqquf tentang neraka. Maksudnya, Anda harus mengatakan dengan pendapat tawaqquf tentang letak neraka, karena tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah. Tidak ada satu hadits pun, menurut saya, yang dapat dibuat pegangan tentang masalah ini.” [Dijelaskan dalam Kitab:"Yaqazhat Ulil I ' tibar", oleh Shiddiq Hasan Khan,hal:47.]



Syekh Waliullah Ad Dahlawi berkata dalam kitab Akidahnya:”Tidak ada nash yang menjelaskan tentang kepastian letak surga dan neraka. Keduanya berada di tempat yang dikendahaki Allah karena kita tidak dapat meliput seluruh makhluk Allah dan alam semesta ini.”[Ibid,hal: 47]

Shiddiq Hasan Khan berkata dalam mengomentari perkataan Ad Dahlawi di atas:”Aku katakan.pendapat ini adalah yang paling kuat dan paling berhati-hati, Insya Allah.”[Dijelaskan dalam Kitab:"Yaqazhat Ulil I ' tibar", oleh Shiddiq Hasan Khan,hal:47.]



[B.]:::::.Luas Dan Kedalaman Neraka



Neraka sangat lebar dan luas; kedalaman dasarnya jauh ke bawah dan dari ujung ke ujung tidak dapat di jangkau. Hal ini berdasarkan indikasi-indikasi berikut:



1.:::::Orang-orang yang masuk neraka sangat banyak, tidak terhitung. Selain jumlahnya yang banyak di neraka, masing-masing penghuninya membesar menjadi makhluk raksasa (neraka),sehingga gigi gusinya saja seperti gunung Uhud.jarak antara dua pundaknya sepanjang perjalanan tiga hari.

Meski demikian, neraka itu dapat menampung sejumlah besar orang-orang kafir dan orang-orang jahat sepanjang masa dunia, bahkan masih luas untuk menampung jumlah yang lain. Allah telah memberitahukan kepada kita dalam surat Qaaf.



Dengan firman-Nya:> (QS.QAAF:30)

Sesungguhnya neraka itu mennyerupai batu pengilingan yang dimasukkan ke dalamnya beribu-ribu ton biji-bijian,kemudian berputar dengan semua isinya tanpa letih atau bosan. Biji-bijian selesai tergiling sementara batu penggiling itu terus berputar menunggu tambahan.

Dalam sebuah hadits yang menceritakan tentang saling bersanggahannya surga dan neraka, Allah berkata kepada neraka:> Dan untuk masing-masing dari surga dan neraka ada penghuni yang memenuhinya.

Namun, neraka tidak akan penuh hingga Allah meletakan kaki-Nya. Dalam riwayat lain, sehingga Allah Tabaaraka wa Ta’ala meletakan kaki-Nya. Kemudian neraka itu berkata:”Cukup … cukup!” Ketika itulah neraka penuh dan menggulung sebagian dirinya kepada sebagian yang lain. Dan Allah (sekali-kali) tidak menzalami satu pun dari hamba-Nya.

(Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah.)



Dan dari Anas, bahwa Rasulullah bersabda:>



2.::::Jauhnya kedalaman neraka.



Dijelaskan,bahwa batu yang dilemparkan dari atas neraka membutuhkan masa yang lama untuk sampai ke dasarnya. Dalam hadits Shahih Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau berkata:”Kami (pada suatu saat) sedang bersama Rasulullah, tiba-tiba beliau mendengar sesuatu yang jatuh. Kemudian beliau bersabda:> (HR.MUSLIM)



Al Hakim meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah dan Ath-Thabrani dari Mu’adz dan abu Umamah dari Nabi, bahwa beliau bersabda:> [Shahih Al Jami' As Shaghier , 5/58,no .5214 . Sanad hadits ini Shahih]



3.:::::Banyaknya jumlah malaikat yang membawa neraka di hari kiamat.



Rasulullah menggambarkan kedatangan api neraka di hari kiamat yang difirmankan Allah:> (QS.AL-FAJR:23)

Beliau bersabda:> (HR.MUSLIM DARI ABDULLAH BIN MAS’UD)

Anda bisa bayangkan, betapa besar makhluk yang menakutkan ini, sehingga membutuhkan jumlah besar dari malaikat yang sangat kuat dan perkasa yang tidak mengetahui kekuatannya selain Allah tabaaraka Wata’ala.



4.:::::Di antara yang menunjukan kedahsyatan dan besarnya neraka adalah bahwa dua makhluk yang

besar seperti matahari dan bulan melingkari di dalam neraka.



Dalam kitab ‘Musykil al-Atsar,’ karangan Ath Thahaawi ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari Selamah bin Abdur Rahman. Ia berkata:Abu Hurairah menceritakan kepada kami (sebuah hadits) dari Rasulullah, beliau bersabda:> Hadits ini diriwayatkan pula oleh al Baihaqi dalam kitab ‘Al Ba’tsu wa an Nusyur’ dan diriwayatkan pula oleh al Bazzar, al Isman’iliy dan al Khatthabi dengan sanad yang shahih sesuai syarat Bukhari.

Bukhari juga meriwayatkan dalam shahihnya secara singkat dengan redaksi > (HR.Bukhari)::::::[Dijelaskan oleh Syekh Nashiruddin Al Albani mencantumkan hadits ini dalam Kitabnya “SILSILAH HADITS-HADITS SHAHIH,” 1/23 dan Dr.Umar Sulaiman al Asyqar telah menukil thahkik hadits ini secara singkat.]



[C].:::::TINGAKAT-TINGKAT NERAKA.



Neraka tidak hanya satu tingkatan,akan tetapi saling berbeda dan bertingkat-tingkat dalam kekuatan panasnya dan berbagai macam siksaan yang disediakan bagi penghuninya.

ALLAH berfirman:> (QS.AN-NISAA : 145)

Orang Arab menggunakan kata “Ad-dark”untuk setiap sesuatu yang rendah sebagaimana mereka menggunakan kata “Ad-Darj” untuk sesuatu yang tinggi.Untuk itu,dikatakan dalam pengunaan bahasa Arab suatu ungkapan “Darakatullujnah darajatu wannar” semakin bawah tingkatan api neraka,semakin panas dan dahsyat kobaran apinya. ::[Lihat kitab “TADZKIRAT AL QURTHUBI,” Hal : 382 dan Kitab “AT TAKHWIF MIN AN NAR”,Oleh Ibnu Rajab,Hal :50]



Orang-orang munafik mendapat bagian yang paling sempurna dari siksa di neraka.Oleh karena itu,mereka berada di tingkat yang paling bawah.Terkadang kata “Derajaat” digunakan juga untuk neraka sebagaimana dalam sebuah ayat ALLAH menyebutkan penghuni-penghuni surga dan neraka dengan ungkapan ::SEIMBANG] DENGAN APA YANG DIKERJAKANNYA.>> (QS.AL-AN-AM: 132 )

Dan ALLAH berfirman::> (QS. ALI- IMRAN : 162-163)



Di sebagian Kitab dicantumkan nama-nama tingkatan neraka tersebut :”Pertama JAHANNAM,kedua LAZHA,ketiga HUTHAMAH,keempat SA’IER, kelima SAQAR ,keenam JAHIEM dan ketujuh HAWIYAH.



Syekh Abd.Rahman bin Zaid bin Aslam mengatakan,tingkatan surge meninggi ke atas dan tingkatan neraka menurun ke bawah. [Di jelaskan dalam Kitab” AT TAKHWIF MIN AN NAAR” Ibnu Rajab, hal:50 .(Artinya,surga di mulai tingkat pertamannya dari bawah,sedangkan neraka dimulai tingkatannya dari atas:makin ke bawah makin berat siksanya.Pent)

Ada keterangan dari sebagian orang Salaf bahwa orang-orang beriman yang durhaka yang masuk neraka berada ditingkat paling atas,di tingkat kedua orang-orang Yahudi,ditingkat ke tiga orang-orang Nasrani,ditingkat keempat orang-orang Shabi ,di tingkat kelima orang Majusi,di tingkat keenam orang-orang musyrikin Arab dan tingkat yang ketujuh orang-orang Munafiqin. [Di jelaskan,apabila pembagian ini bersifat ijihadi sesuai pemahaman kita terhadap nash-nash yang menunjukkan atas besarnya dosa golongan-golongan yang bermacam-macam tersebut,maka susunan yang disebutkan mereka perlu dikaji ulang.Majusi adalah orang-orang yang menyembah api dan mereka tidak lebih ringan dosanya dari orang-orang Musyrikin Arab.Dan sebaiknya kita tidak berbicara masalah-masalah yang tidak dibicarakan oleh nash-nash wahyu.]

Di sebagian Kitab dicantumkan nama-nama tingkatan neraka tersebut :”Pertama JAHANNAM,kedua LAZHA,ketiga HUTHAMAH,keempat SA’IER, kelima SAQAR ,keenam JAHIEM dan ketujuh HAWIYAH.

Pembagian penghuni neraka seperti yang disebutkan di atas ini,tidak benar sebagaimana juga tidak tepat penamaan tingkat neraka.Yang benar adalah bahwa masing-masing nama tersebut adalah nama neraka secara utuh;bukan untuk sebagiannya.Dan benar bahwa manusia akan berbeda2 dalam mendapat siksanya sesuai kadar kekufuran dan dosa-dosa mereka.

(((bersambung)))

(Love hurts for all brother & siste.)

.▀██▀

──██────(▒)(▒)

──██───(▒)(♥)(▒)...

─▄██▄▄█─(▒)(▒)..

───.───▄███▄...

───.──███─███─(▒)(▒)

───.──▀██▄██▀(▒)(♥)(▒)

───.────███───(▒)(▒)

───.─────── ▀██─██▀

───.──────── ██─██─(▒)(▒)

───.──────── ▀█▄█▀(▒)(♥)(▒)

───.──────────▀───(▒)(▒)

───.────────────██▀▀▀█

───.──(▒)(▒)──────██▄█──(▒)(▒)

───.─(▒)(♥)(▒)─────██▀█─(▒)(♥)(▒)

───.──(▒)(▒)──────██▄▄▄█(▒)(▒)



▀██─.██▀─██──██──▀█▀▀█──▀▀██▀▀─▄▄▀▀▀

─██▅██──██──██───█▀▀█▄───██───▀▀─▄▄

▄██─.██▄─██▄▄██───█───█───██───▄▄▄▀▀

=================================================================

♥ღϠ₡ღ♥ Semoggah bermanfaat dalam meningkatkan iman dan takwa.....wabillahi taufik wal hidayah,,,,Assalamu'alaikum warrahmatullahi wa barakaatuh.....Salam Ukhuwah.♥ღϠ₡ღ♥

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami