Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

*******KELANJUTAN DUNIA MALAIKAT (III).********

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 02.37

                                                                             
oleh Ummu Marwah pada 6 September 2010














**JUMLAH MALAIKAT**


Malaikat adalah makhluk yang sangat banyak jumlahnya. Tidak ada yang mengetahui jumlahnya dengan pasti kecuali ALLAH Dzat yang menciptakannya., ALLAH berfirman:>> (QS.Al-Mudatssir:31)..


Jika anda ingin mengetahui jumlah malaikat,dengarkanlah apa yang dituturkan oleh malaikat Jibril tentang AL-BAITUL MA'MUR, yaitu Rasulullah bertanya kepadanya saat Isra",> (HR.Bukhari & Muslim).


Dalam Shahih Muslim dari Abdullah,bahwa Rasulullah bersabda:> ( HR.Muslim)..


Atas dasar ini,jumlah malaikat yang mendatangkan neraka jahannam pada kiamat sebanyak empat milyar sembilan ratus juta.


Jika anda merenungi dalil-dalil yang ada tentang malaikat yang di tugaskan untuk manusia,maka anda dapat mengetahui berapa jumlah mereka.Di sana ada malaikat yang ditugasi untuk menjaga nuthfah (air mani).Di sana ada dua malaikat pencatat amal.Di sana ada pula malaikat yang menjaga dan memelihara manusia. Dan ada juga Qorin (pendamping) dari malaikat yang selalu memberikan hidayah dan bimbingan.


Terdapat dalam suatu riwayat tentang malaikat yang bernama Izrail.Nama ini tidak di jumpai dalam Al-Qur'an,dan dalam hadits yang shahih.


Dan sebagaian ulama' menyebutkan bahwa di antara malaikat ada yang bernama Raqib dan Atid berdasarkan kepada firman ALLAH berikut ini;>> (QS.Qaaf ;17-18)


Pendapat mereka (dalam memberikan nama Raqib dan Atid )ini tidak benar.Raqib dan Atid yang terdapat dalam ayat ini bukan nama akan tetapi sifat kedua malaikat yang bertugas untuk mencatat amal perbuatan manusia.Makna Raqib dan Atid adalah dua malaikat yang selalu hadir dan menyaksikan (amal perbuatan ) serta tidak pernah absen dari manusia; bukan dua malaikat yang bernama Raqib dan Atid.


***KEMATIAN MALAIKAT***


Malaikat itu akan mengalami mati sebagaimana manusia dan jin.Hal itu di jelaskan oleh ALLAH dalam firman-Nya; >> (QS.Az Zumar;68) semua malaikat tercakup dalam ayat tersebut.Karena para malaikat tinggal di langit.Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat ini berkata; "Ini adalah tiupan trompet yang kedua,yaitu tiupan pembinasaan. Tiupan ini adalah tiupan yang mematikan semua yang hidup baik penduduk langit dan bumi,kecuali yang dikehendaki (tidak binasa) oleh ALLAH,sebagaimana diterangkan dalam hadits tentang sangkakala.Kemudian ruh-ruh yang tersisa di cabuti,sehingga malaikat maut yang terakhir mati.Dan hanya ALLAHlah yang kekal abadi.Ketika itu ALLAH berfirman;>> (QS.Ghaafir; 16)..


Di antara dalil yang menunjukkan bahwa malaikat akan mati adalah firman ALLAH:>> (QS.Al- Qashas ; 88 )....Apakah ada yang mati dari malaikat sebelum sangkakala ditiup ?...Hal ini kita tidak mengetahui dan tidak akan mampu mendalaminya,karena tidak ada dalil yang menetapkan atau menafikan.**********Semoggah manfaat......Barakallahu fikum........Salam ukhuwah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami