Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***AL-QUR'AN MERUPAKAN KEMULIAAN BAGI BANGSA ARAB SECARA KHUSUS DAN BAGI UMAT ISLAM PADA UMUMNYA****

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 21.53

 
Oleh Ummu Marwah 23 Februari 2011












((((((Bismillahirrahmanirrahim)))))))



Dahulu bangsa Arab hidup dalam kegelapan jahiliyah.Kerusakan merambah semua sisi kehidupan,mulai kerusakan bidang Aqidah,ibadah,hukum,akhlak maupun tatanan kehidupan sosial.Dengan perantara AL-QUR'AN,maka mereka telah merubah jati diri mereka.Berpindah dari umat yang berada di lembah kerusakan,kebodohan,dan kejahatan menuju umat yang terangkat derajatnya hingga sampai ke puncak kemuliaan dan kesempurnaan.Menjadi umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia.Kemudian mereka memiliki izzah (kemuliaan) dan menjadi pemimpin bagi seluruh umat.

Oleh karena itu AL-QUR'AN AL-ADZIM adalah karunia terbesar bagi bangsa Arab (umat Islam) secara khusus.Mereka telah memelihara kredibilitas dan keberadaan mereka dengan cara menjaga bahasa mereka.Kalau sekiranya ALLAH tidak memuliakan mereka dengan menurunkan AL-QUR'AN ini kepada mereka,niscaya mereka tetap menjadi umat yang rusak,seperti yang terjadi pada umat-umat yang lain.

Bahkan AL-QUR'AN AL-ADZIM meluasakan jangkauan kekuasaan bangsa Arab sehingga sampai ke ujung dunia;baik di ASIA,AFRIKA,EROPA (ANDALUSIA) dan yang lainnya.Sehingga bahasa Arab menjadi bahasa peradaban tinggi dan maju.Dan setiap Muslim merasa bahwa bahasa Arab telah menjadi bahasanya sendiri.Dimana ALLAH telah menurunkan AL-QUR'AN itu dengan bahasa Arab.

Telah menjadi fakta bahwa AL-QUR'AN merupakan sarana terbesar untuk merubah sebuah status,yakni dari non Arab menjadi bagian dari bangsa Arab,dan juga untuk menyebarkan pemikiran kaum Muslimin dan tsaqafah (wawasan) mereka ditengah-tengah ratusan juta umat manusia di belahan bumi.

Kaum Muslimin,khususnya bangsa Arab pada zaman sekarang ini dituntut untuk menyelamatkan dunia dengan AL-QUR'AN AL-ADZIM dari kebuasan paham materialisme yang terus merongrong,merendahkan dan merampas kebaikan umat. Sebagaimana dahulu mereka (umat Islam) telah membebasakan manusia dari belenggu kekaisaran yang berkasta.

[di jelaskan dalam Kitab Min asrari'adzamatil Qur'an, oleh Dr.Sulaiman bin Muhammad Shagir,hal; 11-13]

Terdapat tiga ayat dalam AL-QUR'AN yang menunjukkan dengan terang,bahwa sesungguhnya AL-QUR'AN itu merupakan kemuliaan dan kebanggaan bagi bangsa Arab khususnya dan umat Islam pada umumnya. Yaitu,, (1),,ALLAH berfirman:> (QS.Az-Zukhruf ; 44 )

Nash ayat ini sebagaimana disebutkan oleh para pakar tafsir,, memiliki dua pengertian yaitu;

a,...)Bahwasanya AL-QUR'AN adalah peringatan bagi Nabi dan kaumnya,yang kelak akan diminta pertanggung jawabannya pada hari kiamat,maka tidak ada hujjah bagi mereka setelah datang peringatan ini.

b,...)Bahwasanya AL-QUR'AN telah mengangkat kemuliaan Nabi dan kaumnya.Dan inilah yang benar-benar terjadi.

Sedangkan bukti bahwa AL-QUR'AN telah mengangkat kemuliaan Nabi,maka sesungguhnya ratusan juta dari lisan orang-orang yang beriman melantunkan shalawat dan salam ke atas beliau.Menyebutnya dengan penuh cinta dan kerinduan,disepanjang malam dan siang sejak dari 1400 thn yang lalu,hingga ALLAH mewariskan bumi kepada ahli-Nya. Adapun mengangkat kemuliaan bagi kaumnya (pengikutnya),karena telah datang kepada mereka AL-QUR'AN ini,sementara manusia tidak mengindahkannya.Bahkan mereka mengacuhkan dan bahkan melemparkannya tak ubahnya seperti barang yang tak ada harganya.Maka para pengikut Nabi memiliki peran yang sangat vital dalam sejarah umat manusia.

[dijelaskan dalam Kitab,Fi dzilalil Qur'an,6/3191].

(2),,ALLAH berfirman:> (QS.AL-Anbiyaa : 10 )

Dalam firman-Nya yang menyebutkan:"Di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu," yakni kemuliaanmu dan kewibawaanmu serta keluhuran kedudukanmu.Maka jika kamu sekalian mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya,maka akan terangkatlah derajatmu dan menjadi agunglah segala urusanmu. [Dalam kitab Fafsir As Sa'dy,3/269.]

Bangsa Arab tidak memiliki bekal yang memadai untuk mereka persembahkan kepada manusia selain bekal ini (AL-QUR'AN).Dan mereka juga tidak memiliki manhaj ini. Manusia tidak mengenal mereka,kecuali dengan perantara kitab mereka,aqidah dan akhlak yang bersumber dari kitab dan aqidah ini.Oleh karena itu bangsa Arab kalaulah bukan karena AL-QUR'AN,niscaya mereka tidak akan dikenal oleh manusia dan tiada nilainya dalam sejarah umat manusia.

[Fii dzilalil Qur'an, 4/2370.]

ALLAH berfirman:> (QS.Shaad: 1)

Berkata syaikh As Sa'dy rahimahullah:"Yakni memiliki nilai yang agung,mulia,sebagai peringatan bagi hamba-hamba-Nya.Mengajarkan setiap apa yang dibutuhkan oleh mereka, berupa ilmu mengenai nama-nama dan perbuatan ALLAH.Ilmu tentang hukum-hukum syari'at dan pengetahuan tentang hari kiamat dan hari pembalasan,ia adalah peringatan bagi mereka tentang prinsip dasar agama dan cabang-cabangnya.[dijelaskan dalam kitab,Tafsir As Sa'dy,4 /279].



**AL-QUR'AN merupakan petunjuk jalan yang lurus**

ALLAH berfirman:> (QS.Al-Israa :9)

ALLAH menyebutkan pada ayat yang mulia ini,bahwa AL-QUR'AN AL-ADZIM ini merupakan kitab samawi yang teragung,yang menghimpun semua ilmu,yang diturunkan paling akhir dari "RABB semesta alam."Memberi petunjuk kepada jalan yang terbaik,adil dan benar.Jika kita mengikuti keterangan rincinya secara menyeluruh,maka kita akan menemukan pada seluruh AL-QUR'AN.Karena ia mencakup seluruh petunjuk untuk kebaikan hidup dunia dan akherat.

[dijelaskan dalam kitab Adhwa'Al bayan,3/372].



Di jelaskan bahwa dalam setiap keadaan serta petunjuknya ,AL-QUR'AN adalah yang lebih lurus dalam aqidah,akhlak,prilaku,politik,industri,amal dunia dan akherat.

Maka sesungguhnya AL-QUR'AN selalu memberikan petunjuknya,memerintahkan dan memberikan dorongan kepada manusia untuk menggapai kebahagiaan (dunia & akherat).



**AL-QUR'AN adalah Kitab yang diberkahi**



ALLA mengambarkan KITAB-NYA yang agung (AL-QUR'AN) sebagai kitab yang diberkahi,terdapat pada empat tempat yaitu:

1,...)Firman ALLAH:> (QS.AL- An'am:92 )

2,...)Firman ALLAH:> (QS.AL-An'am : 155)

3,...)Firman ALLAH:> (QS.AL-Anbiyaa: 50)

4,...)Firman ALLAH:> (QS.Shaad:29)



Berkah artinya:tetap dan stabil dalam kebaikan,berlimpah ruah dan selalu bertambah kebajikannya,dan itulah eksistensi AL-QUR'AN AL-ADZIM.,,

[Dijelaskan dalam kitab At Tabarruk,anwa'uhu wa ahkamuh,oleh Dr.Nashir bin Abdurrahman Al Jadi', hal 45-46]



Oleh karena itu AL-QUR'AN diberkahi sejak dari sumbernya,karena ia merupakan KALAM ALLAH ,diberkahi dari penyampaiannya (Jibril) dan diberkahi sampai ke tujuannya (dada Rasulullah),serta diberkahi pada ukuran dan isinya.



AL-QUR'AN tidak lain kecuali hanya lembaran-lembaran kitab yang tipis,jika dibandingkan dengan buku2 tebal karangan manusia.

Akan tetapi kandungan setiap ayat tidak bisa dibandingkan dengan puluhan buku tebal karya manusia.



AL-QUR'AN juga diberkahi pada bacaannya,diberkahi pada ilmu dan pengetahuannya.

Diberkahi pada makna dan petunjuknya serta diberkahi pada pengarunhnya,dan selanjutnya diberkahi pada tujuan dan realistisnya.,,

[dijelaskan dalam Kitab Fii dzilalil Qur'an,2/1147,Latha'if Qur'aniyah,oleh Dr.Shalah Abdul Fattah Al Khalidi,,hal;15-16]



AL-QUR'AN disifati sebagi Kitab yang diberkahi,menjadi penyempurna terhadap kitabnya Nabi Musa,yang digambarkan sebagi pembeda (antara yang haq dan yang bathil)dan penerang.

[dijelaskan dalam Kitab At Tahrir wan tanwir,17/66-67].



Ketika kita bandingkan ukuran AL-QUR'AN dengan TAURAT,maka kita dapati bahwa AL-QUR'AN lebih kecil ukurannya dari TAURAT.

Tetapi jika kita teliti keberkahan yang ada didalam AL-QUR'AN,maka kita temukan keberkahannya tak terbatas,setiap hari AL-QUR'AN memberikan berkahnya yang baru,tidak pernah redup pesonanya.

Hari ini dibaca dan kita memahami maknanya,maka dilain waktu apa bila kita membacanya lagi,maka ia akan memberikan nuansa yang baru.

Hal ini merupakan dalil bahwa AL-QUR'AN adalah kalam (perkataan) Dzat yang Maha Bijaksana.

Dimana Dia meletakkan sesuatu yang sederhana secara kasat mata,tetapi kaya akan hikmah dan faedahnya.Dan inilah makna dari firman-Nya "Ini adalah sebuah kitab yang KAMI turunkan kepadamu penuh dengan berkah."



Seluruh KITAB SAMAWI yang diturunkan sebelumnya,berlaku untuk waktu,tempat dan umat tertentu saja.,Tetapi AL-QUR'AN sejak diturunkan dari sisi ALLAH,ia tetap berlaku sampai hari kiamat.

Setiap ada persoalan yang baru,maka kita akan temukan jawaban dan solusinya dalam AL-QUR'AN.



AL-QUR'AN yang diberkahi,datang selaras dengan obsesi,peradaban dan kemajuan intelektual manusia.Oleh karena itu AL-QUR'AN selalu memberikan kepuasan tersendiri terhadap apa yang dibutuhkan oleh manusia pada setiap tempat dan zaman.Yang demikian itu tak akan terjadi,melainkan karena ia adalah Kitab yang diberkahi.

[dijelaskan dalam kitab:Tafsir Asy Sya'rawi,7/4008-4009]



((((((((((SEMOGGAH MENJADI RENUNGAN BUAT KITA DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAKWA.....WABILLAHI TAUFIK WAL HIDAYAH,,,ASSALAMU'ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WA BARAKAATUH........Salam ukhuwah.))))))))))))

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami