Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***********KEUTAMAAN MEKKAH*************

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 02.19

                                                                                        
oleh Ummu Marwah pada 24 Agustus 2010












Hadits-Hadits yang menjelaskan keutamaan Mekkah dan kedudukannya di sisi ALLAH dan Rasul-Nya,sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya.


Diantaranya:hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Adi bin Al Haram,dia mendengar Rasulullah bersabda di Mekkah (beliau sedang berada di atas untanya di Hazwarah).(1):"Demi ALLAH,sesungguhnya engkau (Mekkah) adalah bumi ALLAH yang paling baik dan tanah yang paling di cintai ALLAH,andaikan aku tidak diusir darimu,niscaya aku tidak akan meninggalkanmu".(2) Hadits di atas adalah hadits yang paling shahih yang diriwayatkan dari Nabi tentang hal ini,dan menjadi dalil bagi pendapat yang mengatakan bahwasanya Mekkah adalah negeri yang paling baik dari seluruh negeri dipermukaan bumi. Cukup sebagai bukti yang menunjukkan tetang keutamaan Mekkah,bahwa shalat di masjidil Haram pahalanya dilipat gandakan berlipat-lipat.


Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah,bahwasanya Rasulullah bersabda:"Satu shalat di masjidku ini lebih utama dari 1.000 shalat di tempat lain,(masjid Rasulullah di Madinah) kecuali masjidil Haram,dan shalat di masjidil Haram sekali lebih baik dari 100,000 shalat di tempat lain." (1)


Apabila kita hitung keutamaan satu shalat di masjidil Haram berdasarkan petunjuk hadits ini dilipat-gandakan menjadi:100,000 shalat ditempat lain,berarti satu shalat di masjidil Haram sama dengan shalat selama 55 tahun 6 bulan 20 hari,dan shalat sehari semalam (shalat lima waktu) sama dengan 277 tahun 9 bulan 10 hari. Teks hadits yang menjelaskan bahwa,pahala shalat dilipat-gandakan,berarti amlan yang lain juga dilipat-gandakan menjadi 100,000 kebajikan.Al Muhib At Thabari rahimahullah berkata:"Hadits-hadist yang menjelasakan perlipatangandaan pahala shalat dan pusa menunjukkan adanya kelipatan pahala pada setiap amalan,diqiyaskan dengan shalat dan puasa."(1)


Hasan Al Bashri rahimahullah berkata:"Puasa sehari di Mekkah sama dengan puasa 100.000 har,sedekah 1 dirham sama dengan 100.000 dirham,dan setiap kebajikan digandakan menjadi 100.000." (2)


Akan tetapi ada dua syarat amalan digandakan pahalanya, yaitu; Ikhlas karena ALLAH ,dan amalan tersebut sesuai dengan sunah Rasulullah. Sebaliknya dosa juga akan dilipat gandakan disini,maka seharusnya seorang muslim menghindarkan diri dari berbuat maksiat di Mekkah. Mujahid rahimahullah berkata; "Dosa berbuat kejahatan di Mekkah dilipat-gandakan seperti amal kebajikan yang dilipat-gandakan". (3). Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah pernah ditanya ;apakah ada sebuah dosa yang ditulis lebih dari satu?....Ia menjawab; "Tidak ada,kecuali bila ia dilakukan di Mekkah,karena agungnya negeri ini."


Ibnu Mas'ud juga mengatakan hal yang sama ;"Jikalau seseorang berkeinginan membunuh seorang mukmin di Baitullah dan dia masih berada jauh di Aden (nama kota di Yaman),ALLAH timpakan kepada orang tersebut azab yang pedih di dunia.." (4)**************************(1) Hazwara adalah nama pasar di Mekkah tepatnya di halaman rumah Ummu Hani' yang kemudian masuk dalam kawasan masjidil Haram, lihat;Zaad al ma'ad oleh Ibnu Qayyim. (2) HR Ahmad jilid 4 hal.13; HR.Tarmizi no.3295; HR Ibnu Majah no.3168 dari Abdullah bin 'Ali Al Hamra dan disahihkan oleh AL Bani..(1) HR.Bukhari no 1190 dan Muslim no.1394,teksnya berasal dari Muslim...(1)Mana'ih al kiram,jilid .1 hal.234 ,dan Manasik Nawawi hal.407....(2).Fadha'il Mekkah, oleh Hasan Al Bashri hal.21.....(3).Mutsir al ghuram hal.234....(4).HR Ahmad jilid.1 hal.451.................Barakallahu fikum,,dan semoggah ALLAH Azza wa Jalla mengabulkan dan memudahkan akan niat2 para sahabat2 kita yg ingin berangkat ke Baitullah...Amin Ya Rabbal Alamin.....Selamat menjalankan ibadah puasa.......salam ukhuwah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami