Laman

Dompet Donasi Blog
Kumpulan Artikel Islami

No Rek : 046-10-45-234

A/N : Budi Darmawan

***KEUTAMAAN HAJAR ASWAD***

Written By Ummu Marwah on Minggu, 08 April 2012 | 01.45

                                                                                 
oleh Ummu Marwah pada 16 Agustus 2010














Beberapa riwayat yang menekankan keutamaan Hajar Aswad dan anjuran untuk menyentuh dan menciumnya saat tawaf.Dan cukuplah menjadi keutamaannya,bahwa Nabi pernah menyentuh dengan tangannya yang lembut dan mencium dengan bibirnya yang mulia.


Diriwayatkan bahwa Umar bin Khattab mencium Hajar Aswad seraya berkata:"Sesungguhnya aku tauh bahwa kamu adalah batu yang tidak dapat mendatangkan bahaya dan memberi manfaat,kalaulah bukan karena aku pernah melihat Rasulullah menciummu,niscaya aku tak akan menciummu.


Di riwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda:


"Hajar Aswad diturunkan dari surga,saat itu warnanya lebih putih dari susu,lalu dosa-dosa keturunan Adam membuatnya berubah menjadi hitam."


Juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas,bahasanya Rasulullah bersabda tentang Hajar Aswad:"Demi ALLAH!..Hajar Aswad akan dibangkitakn pada hari kiamat,ALLAH memberinya mata yang dapat melihat dan lidah yang dapat berbicara,memberikan persaksian terhadap orang yang menyentuhnya dengan kebenaran."


Musafi bin Syaibah berkata:Aku mendengar Abdullah bin Amru bin Ash berkata: Aku bersaksi dengan nama ALLAH! (Sambil melatakan anak jarinya di telinga)aku mendengar Rasulullah bersabda;"Sesungguhnya Hajar Aswad dan Maqam adalah dua buah batu diantara batu-batu Yaqut (batu mulia )di surga,yang dihilangkan cahayanya,niscaya sinarnya menerangi antara timur dan barat.


Disaat Nabi Ibrahim membangun Ka'bah,tinggal satu bagian yang belum terpasang batu,lalu Nabi Isma'il pergi mencari sesuatu.Nabi Ibrahim berkata:"Carilah sebuah batu yang seperti aku perintahkan !".Nabi Isma'il berangkat mencari batu.Ketika ia datang dengan membawa batu,ia dapati di tempat tersebut telah terpasang Hajar Aswad,maka ia berkata:"Ayahku!...Siapa yang membawa batu ini kepadamu?"...Ia berkata:"Yang membawanya kepadaku adalah orang yang tidak tergantung kepada usahamu,Jibril telah membawanya dari langit."


Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar,bahwa ia selalu menyentuh Hajar Aswad,kemudian mencium tangannya,dan berkata:"Aku tak pernah meninggalkan perbuatan ini semenjak aku melihat Rasulullah menciumnya........semoggah manfaat..........salam ukhuwah.

0 komentar:

Posting Komentar

Backlinks Otomatis Ummu Marwah

Ingin Link anda nonggol disini silahkan copy paste link Ummu Marwah dibawah ini ke blog anda setelah itu klik link Ummu Marwah dari blog anda dan lihat hasilnya link anda otomatis nempel disini selamanya
Kumpulan Artikel Islami